Strategi Pengembangan Wisata Ramah Muslim di Indonesia.
Date
2024Author
Fathih, Tatag Muhammad Al
Nurhalim, Asep
Mahanani, Yekti
Metadata
Show full item recordAbstract
Pariwisata ramah muslim telah menjadi tren dalam industri wisata yang
bertumbuh dengan cepat, tidak hanya di negara dengan mayoritas populasi
muslim, namun juga di negara dengan mayoritas non-muslim. Penelitian
dilakukan dengan tujuan menentukan aspek prioritas berdasarkan analisis SWOT
dan prioritas strategi pengembangan wisata ramah muslim. Data yang digunakan
dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan sekunder yang diperoleh dari
wawancara mendalam. Analisis data dilakukan dengan metode Analytical
Network Process (ANP) dengan pendekatan Strengths, Weaknesses,
Opportunities, dan Threats (SWOT). Hasil penelitian menunjukkan aspek
kekuatan menjadi aspek prioritas tertinggi dengan baiknya kinerja pariwisata
ramah muslim yang sudah ada di Indonesia menjadi kriteria prioritas, serta
prioritas strategi yaitu pengembangan pemasaran melalui media branding, melalui
advertising, selling, serta endorsement. Penelitian ini dapat digunakan untuk
membantu pemerintah dan pengelola dalam mengembangkan wisata ramah
muslim di Indonesia.
Collections
- UT - Syariah Economic [472]