Persepsi orangtua tentang pendidikan, nilai anak, perencanaan pendidikan anak, dan keberlanjutan pendidikan anak pada keluarga petani
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan persepsi orangtua tentang pendidikan, nilai anak, perencanaan pendidikan anak, serta keberlanjutan pendidikan anak pada keluarga petani. Desain penelitian ini menggunakan desain cross sectional study dengan metode wawancara dan kuisioner sebagai alat ukur. Lokasi penelitian dipilih secara purposive di Desa Sindangjaya, Kecamatan Pacet, Cipanas yang merupakan subsampling hibah penelitian STRANAS 2014 yang berjudul "Analisis Gender tentang Strategi Hidup Keluarga, Investasi, dan Kualitas Anak dalam Mencapai Target Millenium Development Goals (MDGs) pada Petani Dataran Tinggi. Sebanyak 30 keluarga dipilih menggunakan teknik random sampling dengan kriteria keluarga petani yang memiliki anak usia kelas 5 dan 6 SD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif signifikan (p<0.05) antara persepsi pendidikan dengan nilai anak; perencanaan pendidikan dengan persepsi pendidikan; dan implementasi dengan nilai anak; selain itu signifikan positif (p<0.01) pada implementasi pendidikan dengan persepsi pendidikan; dan perencanaan pendidikan dengan implementasi pendidikan.