dc.description.abstract | Meningkatkan kinerja logistik Indonesia dengan mengoptimalkan biaya
logistik didasarkan pada permintaan akan jasa 3PL (Third Party Logistik) yang
semakin banyak. Permintaan akan jasa 3PL semakin banyak digunakan
perusahaan consumer goods. Oleh karena itu, CV Palapa Jaya melihat peluang
tersebut untuk mencapai target profit CV Palapa Jaya yang belum tercapai. Agar
mampu bersaing dan mencapai target perusahaan, CV Palapa Jaya harus
melakukan strategi bisnis dalam mencapai atau melebihi peramalan permintaan
jasa yang telah dianalisis. Penelitian ini dilakukan untuk menyusun dan memilih
alternatif strategi yang harus disiapkan CV Palapa Jaya berdasarkan hasil analisis
potensi pasar yang ada. Pengumpulan data dikumpulkan dengan melakukan
wawancara dengan beberapa ahli di bidangnya dan data sekunder dari CV Palapa
Jaya. Data yang telah dikumpulkan, diolah dengan metode exponential smoothing
(winters’ method), analisis SWOT dan analisis QSPM untuk mengetahui
kapabilitas CV Palapa Jaya. Hasil menunjukkan bahwa alternatif strategi dapat
dikelompokkan menjadi tiga hal, yaitu komunikasi, kapasitas dan pelayanan.
Berdasarkan tiga hal tersebut, CV Palapa Jaya diduga dapat mencapai target profit.
Alternatif strategi yang menjadi prioritas bagi CV Palapa Jaya adalah mencari
dana tambahan dari pihak lain (nilai TAS 18.640), yang dikelompokkan ke dalam
kapasitas perusahaan. | id |