Analisis strategi bisnis udang beku di PT Wirontono Baru, Jakarta Utara
View/ Open
Date
2002Author
Nurhayati, Euis Siti
Diatin, Iis
Sardono, Sunatmo
Metadata
Show full item recordAbstract
Analisis strategi bisnis udang beku merupakan suatu analisis yang dilakukan guna merumuskan alternatif strategi bisnis yang tepat untuk dapat diterapkan oleh PT Wirontono Baru dalam menjalankan bisnis udang beku. Hal ini penting dilakukan mengingat perusahaan selain menghadapi lingkungan internal juga menghadapi lingkungan eksternal. Dalam lingkungan internal perusahaan dihadapkan pada kekuatan dan kelemahan, sedangkan perusahaan dihadapkan pada peluang dan ancaman dalam lingkungan eksternal. Untuk merumuskan alternatif strategi bisnis dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT, selanjutnya digunakan matriks QSPM untuk memilih alternatif strategi bisnis yang menjadi prioritas dan dipilih tiga alternatif strategi berdasarkan nilai TAS tertinggi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum
PT Wirontono Baru, mengidentifikasi dan menganalisis kekuatan dan kelemahan yang dimiliki serta peluang dan ancaman yang dihadapi oleh perusahaan dalam bisnis udang beku, dan merumuskan alternatif strategi bisnis yang menjadi prioritas perusahaan pada masa yang akan datang.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi bisnis yang dapat diterapkan PT Wirontono Baru adalah meningkatkan volume ekspor udang beku ke negara Jepang dan Hongkong, meningkatkan pangsa pasar perusahaan dan melakukan ekspansi pasar.
Collections
- UT - Agribusiness [4532]