Show simple item record

dc.contributor.advisorOktariza, Wawan
dc.contributor.advisorNurhayati, Popong
dc.contributor.authorElfrida, Jerni Theresia
dc.date.accessioned2024-05-20T03:32:56Z
dc.date.available2024-05-20T03:32:56Z
dc.date.issued2002
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150573
dc.description.abstractPT Khom Foods merupakan perusahaan joint venture antara Jepang dan Indonesia, yaitu PT Katokichi, PT Misaki Suishan, PT Three Star International, Ltd dan PT Hotan Jaya Graha. PT Khom Foods selaku produsen udang roti menghadapi tantangan berupa peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal serta kekuatan dan kelemahan dari lingkungan internal. Kekuatan dan kelemahan yang dimiliki diantaranya berasal dari ketersediaan modal, citra (nama baik) perusahaan, ketersediaan saluran pemasaran, struktur oraganisasi dan sebagainya. Sedangkan peluang dan ancaman yang dihadapi diantaranya adalah kegemaran masyarakat Jepang terhadap produk perikanan, hubungan relationship dengan Katokichi, transportasi, produk subsitusi dan lain-lain. Peluang dan ancaman yang dihadapi oleh PT Khom Foods kelak akan menentukan posisi persaingan di dalam bisnis udang roti. Dengan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh PT Khom Foods maka dilakukan analisis SWOT untuk memberikan pilihan strategi yang perlu dikembangkan dan analisis portofolio BCG untuk mengetahui posisi PT Khom Foods dalam persaingan pemasaran udang roti. Hasil analisis SWOT pada PT Khom Foods menghasilkan strategi-strategi yang perlu dikembangkan, yaitu; menggunakan kemampuan untuk membuat udang roti dan pengalaman dalam pemasarannya sehingga tercipta keunggulan bersaing yang dapat menghindari ancaman sikap selektif dari pembeli akibat munculnya produk subsitusi, meningkatkan kinerja quality control sehingga produk udang roti yang dijual ke konsumen adalah produk udang roti yang berkualitas dan mampu bersaing dengan produk subsitusi lainnya, menggunakan modal, pengalaman dan teknologi yang dimiliki untuk mencapai pasar sasaran dengan menggunakan transportasi dan menggunakannya untuk memenangkan persaingan dengan perusahaan udang roti lainnya yang memasuki pasar sasaran yang sama. Hasil analisis portofolio BCG terhadap PT Khom Foods menunjukkan bahwa posisi PT Khom Foods dalam persaingan pemasaran udang roti berada pada kuadran tanda tanya (question mark). PT Khom Foods menghadapi laju pertumbuhan pasar yang tinggi namun pangsa pasar relatifnya rendah. Bisnis pada kuadran tanda tanya menunjukkan bahwa perusahaan memasuki pasar yang sudah ada pemimpin pasarnya.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcAgricultural Economicsid
dc.subject.ddcAgribusinessid
dc.titleAnalisis posisi persaingan PT Khom Foods dalam pemasaran udang rotiid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordFisheriesid
dc.subject.keywordShrimps Marketingid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record