View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Agribusiness
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Agribusiness
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis posisi persaingan PT Khom Foods dalam pemasaran udang roti

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (17.61Mb)
      Date
      2002
      Author
      Elfrida, Jerni Theresia
      Oktariza, Wawan
      Nurhayati, Popong
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      PT Khom Foods merupakan perusahaan joint venture antara Jepang dan Indonesia, yaitu PT Katokichi, PT Misaki Suishan, PT Three Star International, Ltd dan PT Hotan Jaya Graha. PT Khom Foods selaku produsen udang roti menghadapi tantangan berupa peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal serta kekuatan dan kelemahan dari lingkungan internal. Kekuatan dan kelemahan yang dimiliki diantaranya berasal dari ketersediaan modal, citra (nama baik) perusahaan, ketersediaan saluran pemasaran, struktur oraganisasi dan sebagainya. Sedangkan peluang dan ancaman yang dihadapi diantaranya adalah kegemaran masyarakat Jepang terhadap produk perikanan, hubungan relationship dengan Katokichi, transportasi, produk subsitusi dan lain-lain. Peluang dan ancaman yang dihadapi oleh PT Khom Foods kelak akan menentukan posisi persaingan di dalam bisnis udang roti. Dengan kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman yang dihadapi oleh PT Khom Foods maka dilakukan analisis SWOT untuk memberikan pilihan strategi yang perlu dikembangkan dan analisis portofolio BCG untuk mengetahui posisi PT Khom Foods dalam persaingan pemasaran udang roti. Hasil analisis SWOT pada PT Khom Foods menghasilkan strategi-strategi yang perlu dikembangkan, yaitu; menggunakan kemampuan untuk membuat udang roti dan pengalaman dalam pemasarannya sehingga tercipta keunggulan bersaing yang dapat menghindari ancaman sikap selektif dari pembeli akibat munculnya produk subsitusi, meningkatkan kinerja quality control sehingga produk udang roti yang dijual ke konsumen adalah produk udang roti yang berkualitas dan mampu bersaing dengan produk subsitusi lainnya, menggunakan modal, pengalaman dan teknologi yang dimiliki untuk mencapai pasar sasaran dengan menggunakan transportasi dan menggunakannya untuk memenangkan persaingan dengan perusahaan udang roti lainnya yang memasuki pasar sasaran yang sama. Hasil analisis portofolio BCG terhadap PT Khom Foods menunjukkan bahwa posisi PT Khom Foods dalam persaingan pemasaran udang roti berada pada kuadran tanda tanya (question mark). PT Khom Foods menghadapi laju pertumbuhan pasar yang tinggi namun pangsa pasar relatifnya rendah. Bisnis pada kuadran tanda tanya menunjukkan bahwa perusahaan memasuki pasar yang sudah ada pemimpin pasarnya.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/150573
      Collections
      • UT - Agribusiness [4770]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository