Mutu telur ayam ras segar pada berbagai tingkat pemasaran di Daerah Bogor
View/ Open
Date
1982Author
Santoso, Paulus Bambang Widjanarko
Soekarto, Soewarno T.
Hubeis, Musa
Sirait, Celly H.
Metadata
Show full item recordAbstract
Pemasaran telur ayam sampai saat ini sebagian besar dalam bentuk telur segar dan hanya sebagian kecil dalam bentuk telur awet. Pemasaran dilakukan tanpa adanya pengkelasan mutu tertentu. Sebenarnya untuk mendapatkan sistim pemasaran yang baik perlulah dilakukan pengkelasan mutu dengan memperhatikan sejumlah faktor mutu yang mempunyai relevansi tinggi terhadap kerusakan mutu telur.
Perubahan mutu telur selama penyimpanan di laboratorium sudah banyak dilakukan orang, namun tahap penurunan mutu telur selama pemasaran jarang diteliti. Penurunan mutu selama pemasaran selain diakibatkan faktor waktu juga dipengaruhi faktor penanganan yang kasar serta kondisi lingkungan yang berubah-ubah.
Untuk mengetahui penurunan mutu telur selama pemasaran di dalam sistim pemasaran tertentu serta hubungan warna kulit telur dengan perubahan mutu selama pemasaran, dilakukanlah penelitian ini. Tentu saja hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan data dasar yang dapat diterapkan atau dapat memberi masukan tentang mutu telur selama pemasaran, khususnya di daerah Bogor.