Show simple item record

dc.contributor.authorVembry, Rezka
dc.date.accessioned2010-05-07T00:58:30Z
dc.date.available2010-05-07T00:58:30Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/14369
dc.description.abstractDalam perkembangan dunia usaha yang terjadi di Jalan Margonda Raya sejak tahun 1980, telah menciptakan beragam tempat makan dan hiburan yang saling berlomba menyajikan konsep menarik. Pemicu keragaman ini adalah adanya pertumbuhan jumlah lembaga pendidikan serta komplek pemukiman di sekitar kota Depok. Zoe Library, Shop, and Cafe merupakan salah satu tempat hiburan yang lokasinya berada di tengah-tengah lingkungan yang kompetitif. Zoe (Zone of Education and Entertainment) menggabungkan konsep usaha kafe, taman bacaan, toko buku dan penyewaan film. Zoe tampil dengan konsep one stop edutainment, sang pemilik berharap dapat memenuhi kebutuhan membaca keluarga dengan menciptakan tempat yang memadai. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik umum pelanggan, menganalisis penilaian pelanggan terhadap preferensi Zoe dan kemampuannya dalam memberikan kepuasan kepada pelanggan, serta menyusun rekomendasi alternatif strategi bauran pemasaran (product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process) yang tepat untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Kuesioner yang diberikan kepada pelanggan terlebih dulu dilakukan uji validitas dengan menggunakan Pearson Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan teknik Alpha Cronbach. Pengolahan data dalam penelitian ini dilakukan dengan bantuan program komputer dengan software Microsoft Excel dan SPSS for windows versi 15.0. Data dianalisis secara deskriptif untuk karakteristik pelanggan. Untuk menganalisis atribut yang dianggap penting dan menganalisis kinerja dalam mencapai kepuasan pelanggan Zoe Library. Shop, and Café digunakan Importance Performance Analysis (IPA). Untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan produk dan jasa terhadap seluruh atribut digunakan analisis Customer Satisfaction Index (CSI). Sebagian besar karakteristik pelanggan di Zoe Library, Shop, and Café berjenis kelamin perempuan dengan rentang usia berkisar 15-25 tahun, belum menikah, status sebagai pelajar/mahasiswa, pendidikan terakhir SMA, dan pengeluaran rata-rata perbulan sebesar Rp 500.000-Rp 1.000.000. Berdasarkan hasil IPA, atribut yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi adalah atribut suasana kafe yang nyaman dan atribut yang memiliki tingkat kepentingan terendah adalah atribut cara promosi. Hasil IPA juga memperlihatkan bahwa atribut yang memiliki tingkat kepuasan tertinggi adalah atribut kebersihan dan kerapihan kafe, sedangkan atribut yang memiliki tingkat kepuasan terendah berada pada atribut areal parkir. Berdasarkan analisis menggunakan CSI menunjukkan kepuasan konsumen terhadap Zoe Library, Shop, and Café sebesar 69,91 persen. Dalam kriteria nilai CSI, nilai ini terdapat pada interval 0,66-0,80 yaitu berada pada kriteria puas. Rekomendasi alternatif strategi bauran pemasaran pada penelitian ini adalah perbaiki atribut kecepatan pelayanan, cita rasa makanan dan minuman, harga makanan dan sewa buku/ film, serta sarana toilet. Selain itu tingkatkan atribut cara promosi dan areal parkir.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleAnalisis Strategi Bauran Pemasaran Zoe Library, Shop, and Café Depok, Jawa Baratid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record