Kajian perencanaan bisnis teh celup pt. perkebunan xii di bandung, jawa barat
Abstract
Teh merupakan salah satu komoditi pertanian yang penting dalam menghasilkan devisa. Namun dewasa ini pasaran teh internasional sedang mengalami kelesuan. PT. Perkebunan XII sebagai salah satu produsen teh terbesar di Indonesia berusaha mengantisipasi melesunya pasaran teh internasional dan besarnya peluang pasar da- lam negeri tersebut melalui diversifikasi ke dalam bentuk teh celup. Namun usaha yang dilakukan oleh PT. Perkebunan XII tersebut menghadapi berbagai kendala teru- tama dipengaruhi oleh kuatnya posisi pesaing dalam industri teh celup Indonesia. Jika dilihat dari sisi kualitas, teh celup yang dihasilkan PT. Perkebunan XII memiliki mutu yang lebih unggul. Hanya saja keunggulan mutu yang telah dimiliki PT. Perke- bunan XII tersebut membutuhkan suatu sistem perencanaan yang matang agar posisi persaingannya dapat ditingkatkan. Berdasarkan hal-hal tersebut diatas perlu dilaku- kan kajian kembali mengenai Perencanaan Bisnis (business plan) komoditi teh celup yang dihasilkan PT. Perkebunan XII.
Tujuan yang hendak dicapai melalui kajian Perencanaan Bisnis ini adalah untuk mengidentifikasi elemen-elemen penting dalam penyusunan Perencanaan Bisnis teh celup PT. Perkebunan XII, melakukan penilaian dan menganalisa strategi-strategi Pe- rencanaan Bisnis komoditi teh celup PT. Perkebunan XII dan merekomendasikan strategi-strategi yang dapat dilakukan oleh PT. Perkebunan XII dalam usaha mening- katkan pangsa pasarnya...