Show simple item record

dc.contributor.advisorJasin, Hasril H.
dc.contributor.advisorSantika, Omay
dc.contributor.advisorUmbari, Abubakar
dc.contributor.authorTeruna, Genta
dc.date.accessioned2024-03-19T07:36:56Z
dc.date.available2024-03-19T07:36:56Z
dc.date.issued1988
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/142443
dc.description.abstractTujuan Penelitian ini adalah untuk meneliti segala aspek dan permasalahan pemasaran ubur-ubur kering pada perusahaan CV Mahera antara lain dengan jalan menganalisa pembelian serta sekaligus kebijaksanaan yang dianbil oleh perusahaan, menaksir biaya pemasaran dan marjin pemasaran serta keuntungan pemasaran perusahaan. Untuk menganalisa hubungan-hubungan antara biaya pemasaran dengan marjin pemasaran, keuntungan lembaga pemasaran dengan marjin pemasaran, harga jual nelayan dengan harga ekspor FOB, Fisherman's Share dengan biaya pemasaran serta Fisherman's Share dengan keuntungan Lembaga Pemasaran. CV Mahera Jakrta adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan ubur-ubur kering dan sekaligus sebagai eksportir produk tersebut. CV Mahera di- dirikan pada tanggal 25 April 1969. Tanggal 27 Mei 1969 ubur-ubur olahan CV Mahera berdasarkan surat pemeriksaan Laboratorium Hygiene Umum Departemen Kesehatan RI No 1922/18827 dinyatakan sebagai "Vibrio Alter Negative" atau bebas dari virus Vibrio Cholerae. Pada tanggal 28 Mei 1969 ijin permohonan APES (Angka Pengenal Ekspor- tir Sementara) diberikan dengan nomor 93/900. Sampai saat ini CV Mahera Jakarta masih terus berproduk- si dan berusaha untuk meningkatkan usahanya. Ekspor yang dilakukan CV Mahera antara lain ke negara Jepang, Taiwan, Hongkong dan Malaysia. Penyaluran/distribusi ubur-ubur yang dilakukan oleh CV Mahera adalah sistim saluran distribusi langsung. CV Mahera sebagai produsen ubur-ubur kering sekaligus lembaga pemasaran, membeli secara langsung dan menjual produk ubur-ubur kering tersebut secara langsung pula. kepada Importir. Pedagang perantara/lembaga perantara dalam hal ini tidak diikut sertakan. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh CV Mahera sebagai produsen ubur-ubur kering sekaligus sebagai eksportir adalah fungsi pembelian, fungsi penjualan, fungsi sortasi, fungsi penyimpanan, fungsi pengkemasan/pengepakkan, fungsi pengangkutan serta fungsi informasi pasar. Dalam fungsi penjualan, karena CV Mahera merupakan eksportir, maka pembayaran dilakukan secara L/C credit dengan hrga jual adalah harga FOB (Free on Board)…dstid
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcStudi pemasaran uburid
dc.subject.ddcubur ( Jelly fish ) kering ekspor di CV Mahera, Jakartaid
dc.titleStudi pemasaran ubur - ubur ( Jelly fish ) kering ekspor di CV Mahera, Jakartaid
dc.typeUndergraduate Thesisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record