View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Agribusiness
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Agribusiness
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Studi pemasaran ubur - ubur ( Jelly fish ) kering ekspor di CV Mahera, Jakarta

      Thumbnail
      View/Open
      Full text (18.99Mb)
      Date
      1988
      Author
      Teruna, Genta
      Jasin, Hasril H.
      Santika, Omay
      Umbari, Abubakar
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Tujuan Penelitian ini adalah untuk meneliti segala aspek dan permasalahan pemasaran ubur-ubur kering pada perusahaan CV Mahera antara lain dengan jalan menganalisa pembelian serta sekaligus kebijaksanaan yang dianbil oleh perusahaan, menaksir biaya pemasaran dan marjin pemasaran serta keuntungan pemasaran perusahaan. Untuk menganalisa hubungan-hubungan antara biaya pemasaran dengan marjin pemasaran, keuntungan lembaga pemasaran dengan marjin pemasaran, harga jual nelayan dengan harga ekspor FOB, Fisherman's Share dengan biaya pemasaran serta Fisherman's Share dengan keuntungan Lembaga Pemasaran. CV Mahera Jakrta adalah sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pengolahan ubur-ubur kering dan sekaligus sebagai eksportir produk tersebut. CV Mahera di- dirikan pada tanggal 25 April 1969. Tanggal 27 Mei 1969 ubur-ubur olahan CV Mahera berdasarkan surat pemeriksaan Laboratorium Hygiene Umum Departemen Kesehatan RI No 1922/18827 dinyatakan sebagai "Vibrio Alter Negative" atau bebas dari virus Vibrio Cholerae. Pada tanggal 28 Mei 1969 ijin permohonan APES (Angka Pengenal Ekspor- tir Sementara) diberikan dengan nomor 93/900. Sampai saat ini CV Mahera Jakarta masih terus berproduk- si dan berusaha untuk meningkatkan usahanya. Ekspor yang dilakukan CV Mahera antara lain ke negara Jepang, Taiwan, Hongkong dan Malaysia. Penyaluran/distribusi ubur-ubur yang dilakukan oleh CV Mahera adalah sistim saluran distribusi langsung. CV Mahera sebagai produsen ubur-ubur kering sekaligus lembaga pemasaran, membeli secara langsung dan menjual produk ubur-ubur kering tersebut secara langsung pula. kepada Importir. Pedagang perantara/lembaga perantara dalam hal ini tidak diikut sertakan. Fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan oleh CV Mahera sebagai produsen ubur-ubur kering sekaligus sebagai eksportir adalah fungsi pembelian, fungsi penjualan, fungsi sortasi, fungsi penyimpanan, fungsi pengkemasan/pengepakkan, fungsi pengangkutan serta fungsi informasi pasar. Dalam fungsi penjualan, karena CV Mahera merupakan eksportir, maka pembayaran dilakukan secara L/C credit dengan hrga jual adalah harga FOB (Free on Board)…dst
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/142443
      Collections
      • UT - Agribusiness [4770]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository