Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma'mun
dc.contributor.authorMahmudah, Rif’atul
dc.date.accessioned2010-05-06T12:48:52Z
dc.date.available2010-05-06T12:48:52Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/14226
dc.description.abstractBraja Mustika Hotel & Convention Centre merupakan salah satu perusahaan yang bergerak dalam sektor perhotelan yang berada di Kota Bogor. Braja Mustika Hotel & Convention Centre harus mampu memposisikan diri dan mampu bersaing dengan cara-cara pemasaran yang inovatif agar mampu bersaing dengan hotel-hotel lain di Kota Bogor. Hal ini penting bagi pihak hotel untuk senantiasa memberikan citra yang positif kepada pelanggannya, seperti melalui proses komunikasi yang terangkum dalam Marketing Public Relations (MPR). Tujuan dari penelitian ini adalah : mengidentifikasi kegiatan Marketing Public Relations (MPR) dalam mempromosikan dimensi produk hotel Braja Mustika Hotel & Convention Centre, menganalisis pengaruh variabel Marketing Public Relations (MPR) terhadap dimensi produk hotel Braja Mustika Hotel & Convention Centre, menganalisis pengaruh dimensi produk hotel terhadap peningkatan citra yang positif bagi Braja Mustika Hotel & Convention Centre, dan menganalisis pengaruh variabel Marketing Public Relations (MPR) terhadap peningkatan citra yang positif bagi Braja Mustika Hotel & Convention Centre. Informasi dan data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi data primer dan data sekunder yang dilakukan pada bulan April sampai Juni 2009. Data primer diperoleh dari pengisian kuesioner, wawancara, dan pengamatan langsung di Braja Mustika Hotel & Convention Centre. Dalam penelitian ini yang menjadi responden adalah wakil dari perusahaan-perusahaan yang telah menghadiri meeting di Braja Mustika Hotel & Convention Centre. Data sekunder berupa studi literatur, data pemasaran perusahaan, buku, Badan Pusat Statistik (BPS), dan internet. Metode analisis yang digunakan dalam pengolahan data adalah analisis regresi sederhana, analisis regresi berganda, uji F dan Uji t, dengan alat pengolahan data SPSS versi 15.0. Berdasarkan penelitian ini, teridentifikasi lima variabel MPR yang digunakan oleh Braja Mustika Hotel & Convention Centre dalam mempromosikan dimensi produk hotel yaitu publikasi, events, berita, kegiatan sosial, dan media identitas. Berdasarkan hasil uji f, R2, dan uji t, model regresi variabel MPR terhadap dimensi produk hotel adalah nyata dan sejumlah 35,7% variabel independent dapat menjelaskan variabel dependent serta hanya satu variabel yang berpengaruh terhadap dimensi produk hotel yaitu variabel media identitas dengan koefisien regresi 0,474. Untuk hasil rumusan ketiga diketahui bahwa model regresi variabel dimensi produk hotel terhadap citra hotel adalah nyata dan sejumlah 38,7% variabel independent dapat menjelaskan variabel dependent serta nilai koefisien regresi yang dimiliki sebesar 0,619 dan memiliki hubungan yang positif. Untuk hasil rumusan terakhir diketahui bahwa model regresi variabel MPR terhadap citra hotel adalah nyata dan sejumlah 48,1% variabel independent dapat menjelaskan variabel dependent serta hanya tiga variabel MPR yang berpengaruh terhadap citra Braja Mustika Hotel & Convention Centre yaitu variabel events, berita, dan media identitas dengan koefisien regresi masing-masing sebesar 0,221, 0,412, dan 0,281.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleAnalisis pengaruh peran marketing public relations terhadap peningkatan citra Braja Mustika Hotel & Convention Centreid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record