Show simple item record

dc.contributor.authorYuda, Mahardhika
dc.date.accessioned2010-05-06T09:44:50Z
dc.date.available2010-05-06T09:44:50Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/14096
dc.description.abstractBTN mendorong untuk melayani nasabah dengan setulus hati, menunjukan BTN benar-benar bank yang mengutamakan kepuasan nasabah dalam memberikan layanan di seluruh lapisan masyarakat. Di sisi lain, BTN juga harus dapat memahami apa yang menjadi harapan nasabahnya. Keberhasilan BTN Cabang Bogor untuk tetap menyediakan pelayanan yang baik sangat dipengaruhi oleh kepuasan para nasabahnya. Tujuan penelitian (1) Menganalisis atribut mutu pelayanan yang dianggap penting dalam menentukan kepuasan nasabah BTN Cabang Bogor; (2) Menganalisis kinerja BTN Cabang Bogor terhadap atribut mutu pelayanan yang menentukan kepuasan nasabah; (3) Menganalisis tingkat kepuasan nasabah terhadap mutu pelayanan BTN Cabang Bogor. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan hasil penyebaran kuesioner kepada nasabah BTN Cabang Bogor. Data sekunder diperoleh dari studi pustaka, internet, literatur dan dokumen perusahaan. Jumlah contoh ditentukan dengan rumus Slovin sebanyak 100 orang. Metode analisis yang digunakan adalah IPA (Importance Performance Analysis) dan CSI (Customer Satisfaction Index). Hasil analisis IPA menunjukkan bahwa atribut yang dianggap nasabah memiliki tingkat kepentingan tertinggi adalah atribut karyawan cepat tanggap terhadap keluhan dan atribut dengan tingkat kepentingan terendah adalah desain interior dan eksterior bank menarik, sedangkan atribut dengan tingkat kinerja paling tinggi adalah multiguna produk tabungan dan atribut yang memiliki tingkat kinerja terendah adalah atribut karyawan yang dapat menanamkan kepercayaan terhadap nasabah. Hasil analisis CSI menunjukkan tingkat kepuasan nasabah secara keseluruhan terhadap atribut mutu pelayanan BTN Cabang Bogor sudah tinggi (CSI 78,87%), terletak pada kriteria tingkat kepuasan pelanggan ideal (0,66-0,80) dan hal tersebut menunjukan nasabah sudah merasa puas dengan mutu pelayanan BTN Cabang Bogor.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleAnalisis kepuasan nasabah terhadap mutu pelayanan pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero) cabang Bogorid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record