Show simple item record

dc.contributor.advisorMa'arif, M. Syamsul
dc.contributor.authorDharmawan, Rizqi Mohammad Ali
dc.date.accessioned2024-02-06T09:10:50Z
dc.date.available2024-02-06T09:10:50Z
dc.date.issued2001
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/137801
dc.description.abstractPersaingan dunia usaha saat ini menunjukkan perkembangan yang semakin tat. Hal ini juga dialami oleh CV Mubarok, sebuah perusahaan yang bergerak dalam Justri pembuatan jenang kudus di Kudus Jawa Tengah. Di samping harus bersaing Ingan produsen jenang kudus lainnya, CV Mubarok juga harus dapat tetap bertahan di tengah maraknya berbagai jenis makanan ringan moderen yang diproduksi oleh rusahaan-perusahaan besar. Dengan demikian, strategi pemasaran yang tepat Ingat dibutuhkan agar perusahaan tetap dapat bertahan dan mengembangkan usahanya. Analisis Strategi Pemasaran pada CV Mubarok dilakukan dengan tujuan untuk engidentifikasi sistem bauran pemasaran yang telah dilakukan perusahaan sebagai strategi pemasaran dalam upaya pengembangan usahanya. Dengan analisis yang juga akukan terhadap lingkungan internal dan eksternal perusahaan bertujuan untuk emformulasikan strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan untuk engembangkan usahanya dimasa yang akan datang. Data-data sebagai bahan analisis diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak rusahaan, pesaing, dan dari hasil pengamatan langsung di lapangan. Data juga peroleh dari data olahan perusahaan dan instansi terkait. Metode analisis yang gunakan meliputi analisis lingkungan internal dan ekstemal perusahaan, analisis ortofolio BCG (Boston Consulting Group), dan SWOT. Sedangkan untuk menetapkan mulasi strategi sebagai langkah pemasaran strategis yang harus dilaksanakan rusahaan ditetapkan dengan menggunakan matriks SWOT. Berdasarkan hasil analisis terhadap lingkungan perusahaan, dapat diketahui hwa CV Mubarok masih mempunyai potensi untuk dapat meningkatkan usaha dan untungannya. Potensi tersebut terlihat dari beberapa indikator seperti kapasitas oduksi yang belum maksimal, sumberdaya yang mendukung, serta banyaknya pasar ing belum terjangkau dan terlayani. Hasil identifikasi terhadap bauran pemasaran perusahaan, menunjukkan bahwa Mubarok telah melakukan beberapa langkah strategis dalam pengadaan produk, enetapan harga, kegiatan distribusi, serta dalam kegiatan promosi produknya. Dalam engadaan produk, strategi yang dilakukan CV Mubarok meliputi positioning produk bagai jenang kelas satu, melakukan diversifikasi produk dengan menyediakan banyak ihan produk, serta mengeliminasi produk-produk yang kurang diterima oleh pasar. ebijakan harga produk ditetapkan oleh CV Mubarok untuk mendukung strategi sitioningnya. Kegiatan distribusi dilakukan melalui tiga jalur, yaitu secara langsung elalui toko perusahaan, serta menggunakan perantara jasa pedagang pengecer dan dagang besar. ...
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleAnalisis strategi pemasaran pada CV Mubarok, Kudus, Jawa Tengahid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record