Show simple item record

dc.contributor.advisorRiyanto, Sutisna
dc.contributor.advisorAulia, Titania
dc.contributor.authorHusein, Nada Mufidah
dc.date.accessioned2024-01-16T23:58:32Z
dc.date.available2024-01-16T23:58:32Z
dc.date.issued2024
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/134918
dc.description.abstractSeiring berkembangnya teknologi dan internet di Indonesia memunculkan media-media baru dalam media promosi salah satunya adalah media sosial. Media promosi digunakan pada berbagai bidang usaha salah satunya pada bidang pariwisata khususnya ekowisata yang merupakan wisata alam berbasis pendidikan dan berkelanjutan, sehingga diperlukannya media promosi yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas media sosial @kebunraya_id sebagai media komunikasi pemasaran ekowisata di Kebun Raya Bogor. Metode yang digunakan adalah analisis data primer dan sekunder dengan pendekatan kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak 50 orang yang merupakan pengunjung Kebun Raya Bogor. Hasil penelitian menunjukan media sosial @kebunraya_id tergolong cukup efektif sebagai media komunikasi pemasaran dengan rataan skor yang cukup tinggi yaitu 2,97 dalam skala 1-4. Faktor-faktor yang berhubungan dengan efektivitas media sosial @kebunraya_id, yaitu karakteristik media sosial berhubungan nyata dengan action dan share, serta keterdedahan media sosial yang berhubungan nyata dengan attention, interest, search, dan share.id
dc.description.abstractAlong with the development of technology and the internet in Indonesia, new media have emerged in promotional media, one of which is social media. Promotional media is used in various business fields, one of which is in the field of tourism, especially ecotourism which is an education-based and sustainable nature tourism, so that effective promotional media is needed. The purpose of this study was to analyze the effectiveness of social media @kebunraya_id as an ecotourism marketing communication media at the Bogor Botanical Garden. The method used is primary and secondary data analysis with a quantitative approach supported by qualitative data. The sampling technique used is accidental sampling technique with a total of 50 respondents who are visitors to the Bogor Botanical Garden. The results showed that social media @kebunraya_id is quite effective as a marketing communication medium with a fairly high average score of 2.97 on a scale of 1-4. Factors related to the effectiveness of social media @kebunraya_id, namely social media characteristics are significantly related to action and share, as well as social media discoverability which is significantly related to attention, interest, search, and share.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.titleEfektivitas Media Sosial @kebunraya_id sebagai Media Komunikasi Pemasaran Ekowisata Kebun Raya Bogorid
dc.title.alternativeThe Effectiveness of Social Media @Kebunraya_Id as Ecotourism Marketing Communication Media Bogor Botanical Gardenid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordecoturismid
dc.subject.keywordmarketing communicationid
dc.subject.keywordsocial media effectivenessid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record