Efektivitas Media Sosial @kebunraya_id sebagai Media Komunikasi Pemasaran Ekowisata Kebun Raya Bogor
Abstract
Seiring berkembangnya teknologi dan internet di Indonesia memunculkan
media-media baru dalam media promosi salah satunya adalah media sosial. Media
promosi digunakan pada berbagai bidang usaha salah satunya pada bidang
pariwisata khususnya ekowisata yang merupakan wisata alam berbasis pendidikan
dan berkelanjutan, sehingga diperlukannya media promosi yang efektif. Tujuan dari
penelitian ini adalah untuk menganalisis efektivitas media sosial @kebunraya_id
sebagai media komunikasi pemasaran ekowisata di Kebun Raya Bogor. Metode
yang digunakan adalah analisis data primer dan sekunder dengan pendekatan
kuantitatif yang didukung oleh data kualitatif. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah teknik accidental sampling dengan jumlah responden sebanyak
50 orang yang merupakan pengunjung Kebun Raya Bogor. Hasil penelitian
menunjukan media sosial @kebunraya_id tergolong cukup efektif sebagai media
komunikasi pemasaran dengan rataan skor yang cukup tinggi yaitu 2,97 dalam skala
1-4. Faktor-faktor yang berhubungan dengan efektivitas media sosial
@kebunraya_id, yaitu karakteristik media sosial berhubungan nyata dengan action
dan share, serta keterdedahan media sosial yang berhubungan nyata dengan
attention, interest, search, dan share. Along with the development of technology and the internet in Indonesia, new media
have emerged in promotional media, one of which is social media. Promotional
media is used in various business fields, one of which is in the field of tourism,
especially ecotourism which is an education-based and sustainable nature tourism,
so that effective promotional media is needed. The purpose of this study was to
analyze the effectiveness of social media @kebunraya_id as an ecotourism
marketing communication media at the Bogor Botanical Garden. The method used
is primary and secondary data analysis with a quantitative approach supported by
qualitative data. The sampling technique used is accidental sampling technique
with a total of 50 respondents who are visitors to the Bogor Botanical Garden. The
results showed that social media @kebunraya_id is quite effective as a marketing
communication medium with a fairly high average score of 2.97 on a scale of 1-4.
Factors related to the effectiveness of social media @kebunraya_id, namely social
media characteristics are significantly related to action and share, as well as social
media discoverability which is significantly related to attention, interest, search,
and share.