Show simple item record

dc.contributor.authorMayasari, Lisa
dc.date.accessioned2010-05-06T01:27:03Z
dc.date.available2010-05-06T01:27:03Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/13252
dc.description.abstractIndonesia adalah negara agraris di mana sebagian besar penduduknya bermata pencaharian di sektor pertanian. Dewasa ini pertanian organik berkembang cukup pesat di Indonesia. Ini merupakan salah satu tanda pertanian organiksitif bahwa pertanian organik mulai mendapat tempat di hati masyarakat, baik produsen maupun konsumen. Pertanian organik adalah sistem produksi pertanian yang holistik dan terpadu, yang mengoptimalkan kesehatan dan produktivitas agro-ekosistem secara alami, sehingga mampu mengasilkan pangan dan serat yang cukup, berkualitas, dan berkelanjutan. Kelompok Tani Cibeureum Jempol merupakan kelompok tani yang mengusahakan beras organik dari hulu sampai hilir di Bogor Selatan selain Kelompok Tani Lemah Duhur dan Kelompok Tani Alam Lestari. Sehingga produk yang dihasilkan oleh kelompok tani Cibereum Jempol dapat memberikan kepuasan kepada konsumen. Dalam menjalankan usahanya kelompok tani Cibereum Jempol masih mengalami kendala, terutama dibidang produksi. Hal ini terlihat dari masih terbatasnya pemenuhan produk terhadap permintaan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui indikator-indikator pengukuran kinerja yang selama ini yang digunakan oleh kelompok tani Cibereum Jempol, mengetahui peta strategi yang sesuai dengan pendekatan kelompok tani Cibereum Jempol, dan menganalisis kinerja kelompok tani Cibereum Jempol pada tahun 2007. Jenis data yang digunakan untuk penelitian ini meliputi data primer dan data skunder. Metode pengolahan dan alat analisis data yang digunakan adalah analisis SWOT, BSC, AHP dan analisis kepuasan pelanggan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan indikator pengukuran kinerja yang dilakukan oleh kelompok tani Cibereum Jempol adalah total penjualan, laba bersih, harga pokok penjualan (COGS), total biaya dan laba kotor. Perumusan sasaran strategi merupakan tahap awal perancangan peta strategi pada BSC. Sasaran strategis pada perspektif pelanggan yang akan dicapai yaitu meningkatkan kepuasan pelanggan. Sasaran strategis pada perspektif keuangan yaitu meningkatkan profitabilitas dan pengurangan biaya. Sasaran strategis pada perspektif proses bisnis internal yaitu Peningkatan pengembangan usaha dan pengiriman barang secara kontinyu. Sedangkan pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran yaitu peningkatan kualitas karyawan. Penentuan ukuran hasil dalam perspektif BSC yaitu ROI, HPP (COGS), margin laba bersih, perputaran total aktiva, tingkat kepuasan pelanggan, Service error rate, Jumlah jenis kerja sama yang terjalin, survei kepuasan pelanggan, ketepatan waktu pengiriman kerja sama dengan Dinas Agribisnis di Kota Bogor. karyawan yang mengikuti pendidikan dan pelatihan, serta analisis kebutuhan pendidikan dan pelatihan Penentuan prioritas inisiatif strategis dalam BSC menggunakan metode AHP, diperoleh memperkuat permodalan dengan pengajuan proposal penambahan modal 0,301. Secara keseluruhan, hasil kinerja kelompok tani Cibereum Jempol dalam BSC diperoleh skor sebesar 91, 4 persen dari pencapaian target.id
dc.publisherIPB (Bogor Agriculture University)
dc.titleAnalisis balanced scorecard dalam strategi pengembangan produksi dan pemasaran beras organik pada kelompok tani Cibereum Jempol Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan. Kota Bogorid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record