Model permintaan udang Indonesia di Pasar Asia Tenggara (Singapura dan Malaysia)
View/ Open
Date
1998Author
Nofaldi, Nofi
Nurhayati, Popong
Fahrudin, Achmad
Metadata
Show full item recordAbstract
Udang Indonesia telah terkenal sebagai mata dagangan ekspor. Beberapa negara menjadi tujuan
ekspor, termasuk Singapura dan Malaysia yang merupakan pasar altematif selain Jepang, Amerika
Serikat dan beberapa Negara Eropa, maka kesinambungan pengusahaan ekspor ini tidak akan terlepas dari perkembangan kedua pasar tersebut terhadap udang Indonesia,
Penelitian ini bertujuan untuk (I) Mengidentifikasi dan mengevaluasi faktor faktor yang mempengaruhi perubahan permintaan (volume impor) udang Indonesia oleh Singapura dan Malaysia, (2) Mengukur elastisitas permintaan udang Indonesia di pasar Singapura dan Malaysia dan (3) Mencari Aitematif bagi pemecahan nmsalah ekonomis dari ekspor udang Indonesia.
Penelitian ini menggunakan data rangkai waktu (time series) periode 1981- 1995 untuk pasar
Singapura dan Periode 1984-1994 untuk pasar Malaysia, yang dikumpulkan dari publikasi resmi dari
berbagai instansi yang terkait dengan masalah perudangan, baik yang bertingkat nasional maupun
intemasional. Udang yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah udang segar, dingin, beku, hidup
clan kering asin yang karena keterbatasan data tidak dibedakan menurut jenis dan ukurannya.
Pacla periode 1981- I 995 impor udang Indonesia sil.eh Singapura berkisar antara 15,49 sampai
60,82 pcrsen dari total impor udang Singapura, selama periode 15 tahun mengalami pertumbuhan rata-rata 16,14 persen per tahun, sedangkan pertumbuhan ekspor udang Singapura mengalami pertumbuhan rata-rata 17,35 persen per tahun.
Collections
- UT - Management [3374]