Show simple item record

dc.contributor.authorAtmaja, Junet Duta
dc.date.accessioned2010-05-05T23:28:03Z
dc.date.available2010-05-05T23:28:03Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/13200
dc.description.abstractPT. Bank Muamalat Indonesia (BMI) Tbk adalah salah satu bank syariah yang relatif baru berkembang (19 tahun) di Indonesia, maka dari itu perlu diketahui persepsi nasabah terhadap pelayanan produk dan kepuasan terhadap pelayanan kartu Shar-E. Penelitian ini bertujuan (1) Mengidentifikasi karakteristik demografis nasabah yang berpengaruh terhadap atribut pelayanan produk kartu Shar-E BMI Cabang Kota Bogor, (2) Menganalisis tingkat kepuasan nasabah terhadap layanan kartu ATM Shar-E BMI, (3) Menganalisis atribut-atribut yang dianggap penting dari kepuasan nasabah terhadap layanan kartu ATM BMI. Data yang digunakan dari penelitian ini tediri dari data primer dan sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara dengan pihak manajamen dan pihak nasabah. Data sekunder yang digunakan berupa data tahunan perkembangan BMI, buku, majalah dan internet. Pengolahan data menggunkan Excel 2007 dan SPSS 15. Persepsi nasabah terhadap atribut layanan kartu Shar-E BMI sebagian besar menilai desain kartu Shar-E cukup menarik, harga paket perdana Shar-E murah, program promosi dan iklan sudah cukup banyak, inovasi produk Shar-E cukup inovatif, layanan pembayaran tagihan bulanan cukup baik, kemudahan dalam bertransaksi mudah, kecepatan bertransaksi cukup cepat, prosedur penyetoran Tabungan Shar-E mudah, produk Shar-E mudah diperoleh, jaringan ATM yang luas, keamanan nasabah cukup aman, pelayanan pramuniaga cukup ramah, kecepatan pelayanan keluhan kartu Shar-E cukup cepat, keramahan pelayanan keluhan kartu Shar-E ramah dan proses mengganti PIN mudah. Atribut yang dianggap penting oleh nasabah PT. BMI Tbk, Cabang Kota Bogor adalah (1) kecepatan pelayanan keluhan kartu ATM, keramahan pelayanan keluhan kartu ATM, jumlah mesin ATM, sistem pencatatan yang akurat, ketersediaan uang, dan letak mesin ATM yang strategik; (2) atribut yang memiliki kepentigan rendah adalah tampilan kartu Shar-E; (3) tingkat kinerja dengan skor tertinggi adalah kepraktisan kartu Shar-E dan tingkat kepentingan memiliki skor rataan tertinggi; (4) atribut yang memiliki kinerja terburuk adalah kecepatan dalam pelayanan keluhan kartu Shar-E dan tampilan kartu Shar-E. Berdasarkan hasil Customer Satisfaction Index (CSI) diketahui bahwa secara keseluruhan nasabah merasa puas terhadap kinerja PT.BMI Tbk, Cabang Kota Bogor, karena nilai CSI (73,04%) dari produk Tabungan Shar-E berada dalam selang harapan (0,6 – 0,8).id
dc.publisherIPB (Bogor Agriculture University)
dc.titleAnalisis Persepsi dan Kepuasan Nasabah terhadap Kartu ATM Shar-E Bank Muamalat Indonesia Tbk. Di Bogorid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record