Show simple item record

dc.contributor.advisorSuprehatin
dc.contributor.authorMarunduri, Fitriani
dc.date.accessioned2023-11-13T07:39:30Z
dc.date.available2023-11-13T07:39:30Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131965
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah menganalisis karakteristik konsumen buah impor segar di Giant Botani Square, menganalisis proses keputusan pembelian konsumen terhadap buah impor segar di Giant Botani Square, menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi perilaku konsumen Giant Botani Square dalam pembelian buah impor segar, dan merumuskan implikasi bagi pengembangan buah lokal di Giant Botani Square. Penelitian dilakukan di Giant Botani Square Bogor pada bulan Oktober 2011 hingga Desember 2011. Responden penelitian ini adalah pengunjung Giant Botani Square yang pernah dan sedang melakukan pembelian buah impor segar sebanyak 100 orang yang diambil secara convenience sampling. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan uji reliabilitas, uji validitas, analisis deskriptif, dan analisis faktor. Secara umum karakteristik responden yang memutuskan melakukan pembelian buah impor segar adalah perempuan, memiliki rentang usia 19 hingga 25 tahun, berstatus sudah menikah, telah menjalani pendidikan terakhir yaitu SLTP-SMU, berprofesi sebagai ibu rumah tangga, dan memiliki pengeluaran ratarata per bulan responden berada pada kisaran Rp. 2.500.001 sampai dengan Rp. 4.000.000. Proses keputusan pembelian buah impor segar di Giant Botani Square Bogor melalui tahap awal, yaitu tahap pengenalan kebutuhan. Dari analisis keputusan pembelian, pada tahap pengenalan kebutuhan, 60 % responden memutuskan melakukan pembelian buah impor segar yaitu sebagai sumber kesehatan. Hal ini menunjukkan bahwa konsumen yang mengkonsumsi buah segar mencari manfaat untuk menunjang kesehatan tubuhnya. Pada tahap pencarian informasi, 33% responden memutuskan melakukan pembelian buah impor segar berdasarkan sumber informasi langsung melalui toko (Giant Botani Square). Pada tahap evaluasi alternatif, 30% responden memutuskan melakukan pembelian berdasarkan atribut fisik buah. Pada tahap keputusan pembelian, 36% responden sudah merencanakan untuk membeli buah impor segar sebelum sampai di Giant Botani Square. Sebesar 69% responden memilih alternatif buah lain apabila buah yang diinginkan tidak tersedia di Giant Botani Square. Sebesar 36% responden melakukan pembelian kembali terhadap buah impor segar di Giant Botani Square sebanyak 2-3 kali dalam satu bulan. Pada tahap evaluasi pasca pembelian, 60% responden langsung mengkonsumsi buah impor segar setelah melakukan pembelian buah di Giant Botani Square, dan 74% responden merasa puas setelah melakukan pembelian buah impor segar di Giant Botani Square. Berdasarkan analisis faktor, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian buah impor segar di Giant Botani Square Bogor dikelompokkan menjadi tiga faktor komponen. Faktor pertama terdiri dari variabel keragaman buah, warna buah, ketersediaan buah, dan bentuk buah. Faktor kedua terdiri dari kesegaran buah dan kebersihan buah. Faktor ketiga terdiri dari promosi buah dan harg buah. Hasil penelitian ini memberikan rekomendasi bauran pemasaran buah impor segar dan buah lokal di Giant Botani Square. Bauran produknya dilakukan dengan meningkatkan kualitas buah impor, meningkatkan kontinuitas dan ketersediaan buah impor untuk meningkatkan kepuasan konsumen. Bauran harga dilakukan dengan penetapan tingkat harga buah segar yang tidak terlalu tinggi sehingga konsumen lain tertarik untuk membeli buah segar di Giant Botani Square. Bauran promosi yang telah dilakukan telah dapat menarik minat konsumen untuk membeli buah segar sehingga Giant Botani Square perlu meningkatkan kualitas buah impor dan lokal. Bauran tempat dilakukan dengan meningkatkan penataan buah impor dan buah lokal yang disusun lebih menarik lagi ditengah-tengah produk fresh dengan menggunakan meja buah dan dilengkapi dengan papan nama buah, menampilkan manfaat masing-masing buah, mencantumkan harga, dan menjaga kebersihan di lokasi produk buah-buahan sehingga konsumen merasa nyaman dan mendapat kemudahan dalam memilih buah-buahan yang ingin dibeli. Implikasi bagi pengembangan buah lokal di Indonesia dilakukan dengan meningkatkan nilai tambah pada subsistem agribisnis dari hulu sampai dengan hilir, dan peran yang erat antara petani dan pelaku usaha, menghimbau petani untuk memanfaatkan lahan-lahan kosong untuk ditanami beraneka ragam buahbuahan, memperbaiki infrastruktur produksi dan perdagangan buah, diperlukan promosi yang berkesinambungan disertai manajemen produksi yang baik dan didukung oleh ketersediaan produk, mengembangkan pasar-pasar tani diberbagai daerah, melakukan advokasi konsumsi buah lokal di lembaga-lembaga negara, instansi pemerintahan, industri Food and Beverages Hotel, catering, dan retailer. Pengemasan buah yang baik dapat menarik minat konsumen untuk membeli buah lokal, dan dengan sistem pendistribusian ke daerah-daerah seluruh Indonesia membuat masyarakat lebih mengenal buah-buahan lokal. Pengembangan buah lokal di Giant Botani Square dilakukan dengan meningkatkan ketersediaan buah lokal dengan memperhatikan kualitas buah, penempatan atau penataan buah lokal dapat dibuat lebih menarik, melakukan promosi secara berkala, seperti memberi diskon harga buah lokal pada setiap akhir pecan sehingga dapat menarik konsumen untuk berbelanja di Giant Botani Square.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomics and Development Studies - Agribusinessid
dc.titleAnalisis Keputusan Pembelian Buah Impor Segar dan Bauran Pemasaran di Giant Botani Square Bogor dan Implikasinya Untuk Pengembangan Buah Lokalid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordImported fresh fruitid
dc.subject.keywordConsumer purchase decision processid
dc.subject.keywordFactors that influence purchasing decisionsid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record