Show simple item record

dc.contributor.advisorAdhi, Andriyono Kilat
dc.contributor.authorClarasita, Vera
dc.date.accessioned2023-11-13T02:44:20Z
dc.date.available2023-11-13T02:44:20Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131781
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen telur ayam ras organik Giant Hypermart Botani Square Bogor (2) Mengkaji proses keputusan pembelian telur ayam ras organik Giant Hypermart Botani Square Bogor (3) Mengidentifikasi dan menganalisis atribut-atribut yang mempengaruhi konsumen dalam pembelian telur ayam ras organik Giant Hypermart Botani Square Bogor. Penelitian dilakukan di kota Bogor dan lokasi pengambilan sampel yang dipilih adalah Botani Square Bogor, pemilihan Botani Square Bogor sebagai lokasi pengambilan sampel dilakukan secara purposive (sengaja) didasarkan pada tingkat keramaian yang cukup tinggi, serta ketersediaan telur ayam ras organik yang ada pada tempat tersebut. Pada penelitian ini digunakan dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif. Data primer yaitu data yang dikumpulkan secara langsung melalui objek yang telah ditentukan. Data primer diperoleh langsung dari jawaban konsumen berdasarkan kuesioner yang diberikan. Data sekunder adalah data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah jadi berupa publikasi dan data sudah dikumpulkan oleh pihak atau instansi terkait dan dalam penelitian ini data sekunder diperoleh dari berbagai sumber diantaranya berbagai literatur buku, internet, laporan penelitian, Badan Pusat Statistik, dan literatur lainnya yang berhubungan dengan penelitian ini. Sampel atau responden dalam penelitian berdasarkan teknik non probability sampling, dimana pengambilan sampel tidak memperhitungkan peluang atau kemungkinan unit sampel dipilih atau tidak. Teknik non probability yang dipilih adalah convenience sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Analisis deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik konsumen dan mengkaji proses keputusan pembelian telur ayam ras organik di Giant Hypermart Botani Square Bogor. Analisis Fishbein digunakan untuk mengidentifikasi atribut dominan pada telur ayam ras organik. Berdasarkan analisis sikap Fishbein, responden memberikan nilai kepentingan yang tinggi tanggal kadaluarsa dengan skor evaluasi kepentingan (ei) sebesar 4,59. Sedangkan pada tingkat kinerja, responden memberikan skor tertinggi pada atribut manfaat yaitu sebesar 4,32. Sedangkan pada analisis Importance Performance Analysis, diperoleh bahwa tidak terdapat atribut-atribut telur ayam ras organik yang berada pada kuadran I (prioritas utama). Pada kuadran II (pertahankan prestasi) terdapat atribut segel kemasan, manfaat, izin Depkes, tanggal kadaluarsa, gizi dan kebersihan. Pada kuadran III (prioritas rendah) terdapat atribut desain kemasan (DK), harga, volume isi dan ketersediaan produk serta tidak terdapat atribut-atribut yang berada pada kuadran IV (berlebihan). Pada hasil analisis Customer Satisfaction Index, hasil CSI dari atribut-atribut produk telur ayam ras organik adalah sebesar 80.26%. Berdasarkan rentang skala pada bab III, maka nilai 80.26% berada pada rentang 80% < CSI < 100% sehingga kriteria kepuasannya adalah sangat puas.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomics and Development Studies - Agribusinessid
dc.titleAnalisis keputusan pembelian Telur Ayam ras organik (studi kasus: Giant hypermart-Botani Square, Bogor)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordPerilakuid
dc.subject.keywordKonsumenid
dc.subject.keywordKeputusanid
dc.subject.keywordPembelianid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record