Analisis keputusan pembelian Telur Ayam ras organik (studi kasus: Giant hypermart-Botani Square, Bogor)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen
telur ayam ras organik Giant Hypermart Botani Square Bogor (2) Mengkaji
proses keputusan pembelian telur ayam ras organik Giant Hypermart Botani
Square Bogor (3) Mengidentifikasi dan menganalisis atribut-atribut yang
mempengaruhi konsumen dalam pembelian telur ayam ras organik Giant
Hypermart Botani Square Bogor.
Penelitian dilakukan di kota Bogor dan lokasi pengambilan sampel yang
dipilih adalah Botani Square Bogor, pemilihan Botani Square Bogor sebagai
lokasi pengambilan sampel dilakukan secara purposive (sengaja) didasarkan pada
tingkat keramaian yang cukup tinggi, serta ketersediaan telur ayam ras organik
yang ada pada tempat tersebut. Pada penelitian ini digunakan dua jenis data yaitu
data primer dan data sekunder, baik yang bersifat kualitatif maupun kuantitatif.
Data primer yaitu data yang dikumpulkan secara langsung melalui objek yang
telah ditentukan. Data primer diperoleh langsung dari jawaban konsumen
berdasarkan kuesioner yang diberikan. Data sekunder adalah data yang diperoleh dalam bentuk yang sudah jadi berupa publikasi dan data sudah dikumpulkan oleh
pihak atau instansi terkait dan dalam penelitian ini data sekunder diperoleh dari
berbagai sumber diantaranya berbagai literatur buku, internet, laporan penelitian,
Badan Pusat Statistik, dan literatur lainnya yang berhubungan dengan penelitian
ini. Sampel atau responden dalam penelitian berdasarkan teknik non probability
sampling, dimana pengambilan sampel tidak memperhitungkan peluang atau
kemungkinan unit sampel dipilih atau tidak. Teknik non probability yang dipilih
adalah convenience sampling, dengan jumlah responden sebanyak 100 orang.
Analisis deskriptif digunakan untuk mengidentifikasi karakteristik
konsumen dan mengkaji proses keputusan pembelian telur ayam ras organik di
Giant Hypermart Botani Square Bogor. Analisis Fishbein digunakan untuk
mengidentifikasi atribut dominan pada telur ayam ras organik. Berdasarkan
analisis sikap Fishbein, responden memberikan nilai kepentingan yang tinggi
tanggal kadaluarsa dengan skor evaluasi kepentingan (ei) sebesar 4,59. Sedangkan
pada tingkat kinerja, responden memberikan skor tertinggi pada atribut manfaat
yaitu sebesar 4,32.
Sedangkan pada analisis Importance Performance Analysis, diperoleh bahwa
tidak terdapat atribut-atribut telur ayam ras organik yang berada pada kuadran I
(prioritas utama). Pada kuadran II (pertahankan prestasi) terdapat atribut segel
kemasan, manfaat, izin Depkes, tanggal kadaluarsa, gizi dan kebersihan. Pada
kuadran III (prioritas rendah) terdapat atribut desain kemasan (DK), harga,
volume isi dan ketersediaan produk serta tidak terdapat atribut-atribut yang berada
pada kuadran IV (berlebihan). Pada hasil analisis Customer Satisfaction Index, hasil
CSI dari atribut-atribut produk telur ayam ras organik adalah sebesar 80.26%.
Berdasarkan rentang skala pada bab III, maka nilai 80.26% berada pada rentang
80% < CSI < 100% sehingga kriteria kepuasannya adalah sangat puas.
Collections
- UT - Agribusiness [4530]