View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis marjin pemasaran dan struktur pasar tembakau dalam negeri: Kasus di Kabupaten Temanggung Jawa Tengah

      Thumbnail
      View/Open
      Fullteks (14.31Mb)
      Date
      1999
      Author
      Widawati RPEW, Wahyu
      Winandi, Ratna
      Nuryartono, Nunung
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Komoditas tembakau adalah salah satu komoditas perkebunan yang mempunyai peranan penting dalam perekonomian nasional Indonesia, yaitu sebagai sumber pendapatan bagi petani tembakau, sebagai penyerap tenaga kerja yang cukup besar mulai dari pengolahan sampai ke pabrik rokok dan sebagai sumber pendapatan bagi negara dari cukai dan ekspor. Konsumen tembakau dalam negeri yang utama adalah pabrik rokok yang tersebar di beberapa tempat. Kabupaten Temanggung merupakan salah satu sentra produksi tembakau asli yang merupakan bahan baku pembuatan rokok kretek. Perdagangan tembakau di Kabupaten Temanggung pada hakekatnya berlangsung mulai dari petani sebagai produsen sampai ke pihak pabrik rokok. Keberadaan industri rokok tidak terlepas dari peranan petani yang melaksanakan kegiatan budidaya tembakau, namun ironisnya diantara sejumlah lembaga pemasaran tembakau yang ada, petani berada pada posisi tawar-menawar yang paling lemah. Berdasarkan latar belakang dan permasalahan yang telah diuraikan, penelitian mengenai perdagangan tembakau di Kabupaten Temanggung ini bertujuan untuk: menganalisa sebaran marjin pemasaran dari setiap jalur pemasaran tembakau Temanggung, menganalisa hubungan harga yang terjadi di tingkat petani dengan harga di tingkat lembaga pemasaran yang lain sehingga dapat diketahui struktur pasar yang ada, menganalisa efisiensi pemasaran tembakau melalui analisa marjin pemasaran.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131748
      Collections
      • UT - Management [3624]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository