View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Respon Pengunjung Terhadap Atribut - atribut Rumah Stawberry Serta lmplikasi Bauran Pemasaran

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (49.32Mb)
      Date
      2005
      Author
      Agatha, Fara
      Suryana, Rita Nurmalia
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Pariwisata merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar lagi perekonomian Indonesia. Terlihat bahwa jumlah wisatawan mancanegara serta demestik yang cenderung meningkat setiap tahunnya menjadi indikator bahwa pariwisata Indonesia sangat diminati, baik oleh masyarakat luar negeri maupun dalam negeri. Supratikno dalam Presiding RAKORNAS V Panitia Kerja Tetap Wisata Agro menyatakan bahwa sebagai negara agraris, Indonesia berpeluang besar lengembangkan pariwisata dalam bentuk wisata agro karena usaha pertanian merupakan tulang punggung negara. Obyek wisata agro tidak hanya terbatas pada obyek pertanian berskala hamparan luas seperti yang dimiliki oleh areal perkebunan, tetapi juga skala kecil. Salah satu wisata agro skala kecil adalah Rumah Strawberry di Desa Karyawangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung. Rumah Strawberry memilih strawberry sebagai objek wisata agro karena komoditi yang termasuk baru dalam perkembangan komoditi buah. Perkembangan pesat dalam bisnis wisata agro akhir - akhir ini tidak bisa dilepaskan dari sejumlah kecenderungan (trend) yang muncul, seperti tumbuhnya gaya hidup "back to nature", program pengembangan pariwisata yang termasuk di dalam wacana "sustainable development"' dalam konteks pembangunan ekonomi, dan tumbuhnya kelas wisatawan baru yang memiliki minat luas dalam berlibur/melakukan perjalanan. Selain itu, catatan terakhir menunjukkan bahwa di Jawa Barat, jumlah wisata agro dengan komoditi buah telah mencapai 25%. Jumlah ini merupakan jumlah kedua terbesar setelah komoditi teh (33,33%). Kotler (2000) juga mengungkapkan bahwa "liburan" merupakan jenis produk yang menuntut mutu pengalaman yang tinggi, yang berarti bahwa karakteristik usaha jasa baru dapat dievaluasi setelah konsumsi jasa dilakukan. Sebagai salah satu lokasi wisata yang belum lama berdiri, Rumah Strawberry memiliki fasilitas dan pelayanan yang masih terbatas, padahal arus pengunjung setiap bulannya meningkat. Untuk menyikapi permintaan yang tinggi, mencapai penilaian mutu yang baik, sekaligus menyikapi persaingan, maka perhatian perlu ditujukan dalam mencari tahu tingkat kepuasan pengunjung Rumah Strawberry. Hasil yang dapat mengenai tingkat kepuasan konsumen tersebut merupakan informasi utama bagi manajemen Rumah Strawberry dalam mengembangkan usaha wisata sesuai engan keinginan pengunjung. Berdasarkan hal - hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk ( 1) Mengidentifikasi karakteristik pengunjung dan mengkaji tahapan proses keputusan kunjungan ke Rumah Strawberry,(2) Menganalisis tingkat kepuasan pengunjung Rumah Strawberry, (3) Menganalisis fasilitas apa yang perlu ditambahkan dalam area Rumah Strawberry, dan (4) Memberikan rekomendasi bauran pemasaran yang tepat bagi Rumah Strawberry. Pengolahan data dilakukan menggunakan Microsof Excel. Sedangkan Analisis data dilakukan dengan Analisis Statistika Deskriptif untuk melihat karakteristik pengunjung, Analisis Kepentingan - Kinerja (Importance - Performance Analysis) untuk menganalisis kepuasan pengunjung, dan Analisis Varian Ranking Dua Arah serta Uji Perbandingan Berganda (Multiple Comparison) untuk Uji Friedman untuk rnengetahui fasilitas - fasilitas tambahan apa saja yang diperlukan pengunjung. Berdasarkan hasil identifikasi karakteristik pengunjung, didapat bahwa jumlah antara responden laki - laki dengan responden perempuan terbilang seimbang (yaitu 13% dan 54%), sebagian besar berusia antara 18 sampai cengan 26 tahun, berasal..dst
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131732
      Collections
      • UT - Management [3620]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository