Show simple item record

dc.contributor.advisorFarmayanti, Narni
dc.contributor.authorMutaqin, Akbar Zaenal
dc.date.accessioned2023-11-12T23:50:06Z
dc.date.available2023-11-12T23:50:06Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131721
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis karakteristik konsumen Enjoy Cafe, (2) menganalisis proses pengambilan keputusan konsumen Enjoy Café, (3) menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap produk Enjoy Café, (4) Menganalisis tingkat loyalitas konsumen terhadap produk Enjoy Café, dan (5) Merumuskan alternatif strategi bauran pemasaran yang dapat direkomendasikan untuk Enjoy Café. Penelitian ini dilakukan di Enjoy Cafe dengan menggunakan jenis data primer dan sekunder. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode non probability sampling dengan jenisnya yaitu convenience sampling dan pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode survei. Responden yang diwawancarai sebanyak 60 orang. Dalam penelitian ini menggunakan alat analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer Satisfaction Index (CSI). Penelitian ini juga menganalisis loyalitas konsumen berdasarkan kriteria loyalitas konsumen yang terdiri dari switcher buyer, habitual buyer, satisfied buyer, liking the brand, dan committed buyer. Karakteristik konsumen Enjoy Cafeberdasarkan demografi yang sering berkunjung yaitu konsumen mayoritas berjenis kelamin laki-laki, berdomisili dari Jakarta, usia rata-rata 17-23 tahun, dan berpendidikan terakhir SMA. Selanjutnya, konsumen memiliki status belum menikah, mayoritas pekerjaan konsumen adalah pegawai swasta diikuti oleh pelajar/mahasiswa, dan rata-rata pendapatan/uang saku konsumen mayoritas sebesar Rp 1.500.000,00 – Rp 2.499.999,00. Karakteristik konsumen berdasarkan tahapan pengambilan keputusan pembelian adalah konsumen termotivasi datang ke Enjoy Cafe dikarenakan ingin mencari tempat yang nyaman dan tenang, asal informasi mengenai Enjoy Cafe yang didapatkan oleh konsumen berasal dari teman,atribut pertimbangan konsumen berkunjung ke Enjoy Cafe adalah kenyamanan tempat, mayoritas konsumen berkunjung ke Enjoy Cafe pada hari yang tidak tentu, jumlah pengeluaran konsumen setiap di Enjoy Cafe sebesar Rp50.000,00 – Rp100.000,00, konsumen merasa puas setelah mengonsumsi produk Enjoy Cafe. Indeks kepuasan konsumen dapat dilihat dari nilaiCustomer Satisfaction Index (CSI) sebesar 70,12 persen artinya konsumen merasa puas dikarenakan berada pada rentang 0,66-0,80. Berdasarkan diagram kartesius Importance Perfomance Analysis (IPA) bahwa atribut yang harus diperbaiki secara segera berada di kuadran I diantaranya kecepatan penyajian, kesigapan pramusaji, kesopanan dan keramahan pramusaji, ketersediaan dan kebersihan toilet dan wastafel, dekorasicafe, harga berbagai menu yang disajikan, dan pengetahuan dan penjelasan pramusaji terhadap produk, sedangkan atribut yang perlu dipertahankan prestasinyadi kuadran II, diantaranya kemudahan dalam menjangkau lokasi, ketersediaan akses parkir, kebersihan ruangan Enjoy Cafe, kenyamanan ruangan Enjoy Cafe, cita rasa steak, dan kebersihan peralatan makanan. Tingkatan loyalitas konsumen Enjoy Cafediukur menggunakan analisis piramida loyalitas. Hasil dari tingkatan loyalitas konsumen menunjukkan bahwa terdapat kategori switcher buyer sebanyak 31, 67 persen, kategori habitual buyer sebanyak 53, 33 persen, satisfied buyer sebanyak 80 persen, liking the brand sebanyak 75 persen, dan committed buyer sebanyak 75 persen. Konsumen Enjoy Cafe dapat dikatakan loyal dikarenakan jumlah konsumen yang tergolong committed buyer lebih dari 50 persen dan membentuk piramida segitiga terbalik. Alternatif dari strategi yang perlu dilakukan oleh pihak Enjoy Cafe diantaranya perlu segera memperbaiki atribut yang berada di kuadran pertama salah satunya harga berbagai menu yang disajikan terlalu mahal dinilai oleh konsumen, pelayanan yang diberikan oleh pihak Enjoy Cafe lebih dimaksimalkan dari sisi pramusaji, dan dekorasi cafe yang lebih menarik perhatian konsumen. Atribut yang perlu dipertahankan oleh pihak Enjoy Cafe diantaranya cita rasa steak, dan fasilitas yang ditawarkan kepada konsumen dikarenakan kedua hal tersebut memberikan kepuasan bagi konsumen. Strategi promosi yang perlu ditingkatkan intensitasnya guna masyarakat sekitar mengenal Enjoy Cafe melalui penyebaran brosur dan lain-lain.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomics and Development Studies - Agribusinessid
dc.titleAnalisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Enjoy Cafe Jakarta Selatanid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordAnalisis Deskriptifid
dc.subject.keywordCustomer Satisfaction Indexid
dc.subject.keywordImportance Performance Analysisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record