Analisis Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Enjoy Cafe Jakarta Selatan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis karakteristik konsumen Enjoy Cafe, (2) menganalisis proses
pengambilan keputusan konsumen Enjoy Café, (3) menganalisis tingkat kepuasan
konsumen terhadap produk Enjoy Café, (4) Menganalisis tingkat loyalitas
konsumen terhadap produk Enjoy Café, dan (5) Merumuskan alternatif strategi
bauran pemasaran yang dapat direkomendasikan untuk Enjoy Café.
Penelitian ini dilakukan di Enjoy Cafe dengan menggunakan jenis data
primer dan sekunder. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan metode
non probability sampling dengan jenisnya yaitu convenience sampling dan
pengambilan data dilakukan dengan menggunakan metode survei. Responden
yang diwawancarai sebanyak 60 orang. Dalam penelitian ini menggunakan alat
analisis deskriptif, Importance Performance Analysis (IPA), dan Customer
Satisfaction Index (CSI). Penelitian ini juga menganalisis loyalitas konsumen berdasarkan kriteria
loyalitas konsumen yang terdiri dari switcher buyer, habitual buyer, satisfied
buyer, liking the brand, dan committed buyer. Karakteristik konsumen Enjoy
Cafeberdasarkan demografi yang sering berkunjung yaitu konsumen mayoritas
berjenis kelamin laki-laki, berdomisili dari Jakarta, usia rata-rata 17-23 tahun,
dan berpendidikan terakhir SMA. Selanjutnya, konsumen memiliki status belum
menikah, mayoritas pekerjaan konsumen adalah pegawai swasta diikuti oleh
pelajar/mahasiswa, dan rata-rata pendapatan/uang saku konsumen mayoritas
sebesar Rp 1.500.000,00 – Rp 2.499.999,00.
Karakteristik konsumen berdasarkan tahapan pengambilan keputusan
pembelian adalah konsumen termotivasi datang ke Enjoy Cafe dikarenakan ingin
mencari tempat yang nyaman dan tenang, asal informasi mengenai Enjoy Cafe
yang didapatkan oleh konsumen berasal dari teman,atribut pertimbangan
konsumen berkunjung ke Enjoy Cafe adalah kenyamanan tempat, mayoritas
konsumen berkunjung ke Enjoy Cafe pada hari yang tidak tentu, jumlah
pengeluaran konsumen setiap di Enjoy Cafe sebesar Rp50.000,00 –
Rp100.000,00, konsumen merasa puas setelah mengonsumsi produk Enjoy Cafe.
Indeks kepuasan konsumen dapat dilihat dari nilaiCustomer Satisfaction
Index (CSI) sebesar 70,12 persen artinya konsumen merasa puas dikarenakan
berada pada rentang 0,66-0,80. Berdasarkan diagram kartesius Importance
Perfomance Analysis (IPA) bahwa atribut yang harus diperbaiki secara segera
berada di kuadran I diantaranya kecepatan penyajian, kesigapan pramusaji,
kesopanan dan keramahan pramusaji, ketersediaan dan kebersihan toilet dan
wastafel, dekorasicafe, harga berbagai menu yang disajikan, dan pengetahuan dan
penjelasan pramusaji terhadap produk, sedangkan atribut yang perlu
dipertahankan prestasinyadi kuadran II, diantaranya kemudahan dalam
menjangkau lokasi, ketersediaan akses parkir, kebersihan ruangan Enjoy Cafe,
kenyamanan ruangan Enjoy Cafe, cita rasa steak, dan kebersihan peralatan
makanan.
Tingkatan loyalitas konsumen Enjoy Cafediukur menggunakan analisis
piramida loyalitas. Hasil dari tingkatan loyalitas konsumen menunjukkan bahwa
terdapat kategori switcher buyer sebanyak 31, 67 persen, kategori habitual buyer
sebanyak 53, 33 persen, satisfied buyer sebanyak 80 persen, liking the brand
sebanyak 75 persen, dan committed buyer sebanyak 75 persen. Konsumen Enjoy
Cafe dapat dikatakan loyal dikarenakan jumlah konsumen yang tergolong
committed buyer lebih dari 50 persen dan membentuk piramida segitiga terbalik.
Alternatif dari strategi yang perlu dilakukan oleh pihak Enjoy Cafe
diantaranya perlu segera memperbaiki atribut yang berada di kuadran pertama
salah satunya harga berbagai menu yang disajikan terlalu mahal dinilai oleh
konsumen, pelayanan yang diberikan oleh pihak Enjoy Cafe lebih dimaksimalkan
dari sisi pramusaji, dan dekorasi cafe yang lebih menarik perhatian konsumen.
Atribut yang perlu dipertahankan oleh pihak Enjoy Cafe diantaranya cita rasa
steak, dan fasilitas yang ditawarkan kepada konsumen dikarenakan kedua hal
tersebut memberikan kepuasan bagi konsumen. Strategi promosi yang perlu
ditingkatkan intensitasnya guna masyarakat sekitar mengenal Enjoy Cafe melalui
penyebaran brosur dan lain-lain.
Collections
- UT - Agribusiness [4530]