Show simple item record

dc.contributor.advisorSumarwan, Ujang
dc.contributor.advisorRetnaningsih
dc.contributor.authorFitriyana, Hanisa Rahmina
dc.date.accessioned2023-11-09T06:57:08Z
dc.date.available2023-11-09T06:57:08Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131443
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis ekuitas merek laptop pada mahasiswa IPB. Tujuan khusus: (1) menganalisis perilaku penggunaan laptop pada mahasiswa IPB, (2) menganalisis elemen-elemen ekuitas merek laptop (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek) pada mahasiswa IPB; serta (3) mengetahui hubungan top of mind dengan merek laptop yang digunakan mahasiswa IPB. Penelitian ini menggunakan desain cross sectional study. Waktu pengambilan data dilakukan selama bulan Juni 2009. Berdasarkan perhitungan jumlah contoh minimal dalam penelitian ini adalah 155 orang, maka diambil contoh sebanyak 200 orang. Penentuan jumlah contoh setiap fakultas menggunakan proportional sampling, proses pemilihan contoh dilakukan secara convenience sampling yaitu contoh dipilih berdasarkan kesediaannya untuk mengisi kuesioner dan wawancara sesuai dengan kuota per fakultas. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari responden yang merupakan mahasiswa mayor-minor IPB dari seluruh fakultas. Data primer diperoleh dari wawancara dengan menggunakan kuesioner, yang meliputi data demografi responden, yaitu jenis kelamin, usia, lama studi, uang saku, besar keluarga dan pertanyaan-pertanyaan mengenai elemen-elemen ekuitas merek yang meliputi kesadaran merek, persepsi kualitas, asosiasi merek, dan loyalitas merek. Data sekunder diperoleh dari Direktorat Administrasi Pendidikan IPB, Direktorat Komunikasi dan Sumber Informasi IPB, Buku Panduan Sarjana, studi literatur, serta bahan pustaka yang diambil dari hasil penelitian sebelumnya. Data yang dikumpulkan dari kuesioner diolah melalui proses editing, coding, scoring, dan entry data, cleaning data, dan analisis data. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dan inferensia, yaitu uj Cochran, Customer Satisfaction Index (CSI), Importance Performance Analysis (IPA), Brand Switching Pattern Matrix, dan Uji Chi Square. Contoh paling banyak berjenis kelamin perempuan. Hampir dari seluruh contoh berada pada masa usia dewasa awal. Contoh merupakan mahasiswa semester genap, contoh terbanyak pada semester delapan. Hampir dari seluruh contoh memperoleh uang saku dari orangtua. Hampir dari separuh contoh meminki uang saku pada kategori sedang yaitu antara Rp 600.001,- sampai Rp 1.200.000,-. Sebagian besar contoh termasuk ke dalam keluarga sedang. Sumber informasi yang paling banyak diperoleh dari iklan di media cetak, seperti surat kabar dan majalah. ...id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcFamilyid
dc.subject.ddcBehaviourid
dc.titleAnalisa ekuitas merek Laptop pada Mahasiswa Institut Pertanian Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordLaptopid
dc.subject.keywordUsage behaviorid
dc.subject.keywordBrandid
dc.subject.keywordBrand equityid
dc.subject.keywordTop of mindid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record