Show simple item record

dc.contributor.advisorAdhi, Andriyono Kilat
dc.contributor.authorSunarya, Desy Listya
dc.date.accessioned2023-11-09T06:21:11Z
dc.date.available2023-11-09T06:21:11Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131412
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta ancaman dan peluang yang dihadapi oleh Taman Strawberry Cibodas, dan (2) Menganalisis strategi pemasaran perkebunan stroberi yang dapat di terapkan pada Taman Strawberry Cibodas dalam menghadapi persaingan usaha agrowisata pada kawasan Kabupaten Cianjur. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Juni 2012. Data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder yang bersifat kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan informan berjumlah 4 orang responden, yaitu pihak internal terdiri dari pengelola Taman Strawberry Cibodas, pengelola kebun stroberi dan pihak eksternal Dinas Pariwisata Kabupaten Cianjur, 30 orang responden pengunjung. Keterlibatan pihak eksternal dimaksudkan untuk menghasilkan alternatif strategi yang lebih objektif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dan analisis tiga tahap formulasi. Alat bentuk analisis yang digunakan untuk merumuskan strategi adalah Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE, Matriks SWOT, dan Matriks QSP. Hasil matriks IFE dan EFE pada Agrowisata Taman Strawberry Cibodas menghasilkan 11 faktor strategis internal yang menentukan pemasaran Taman Strawberry Cibodas meliputi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Adapun faktor internal yang menjadi kekuatan perusahaan sebanyak 5 faktor dengan keramahan dan kesopanan karyawan dalam berinteraksi dengan pengunjung sebagai kekuatan terbesar. Faktor internal lainnya yang menjadi kelemahan perusahaan sebanyak 6 faktor dengan lokasi agrowisata berdekatan dengan lokasi wisata lainnya sebagai kelemahan utama. Selain itu Taman Strawberry Cibodas juga menghasilkan 10 faktor strategi eksternal yang menentukan pemasaran Taman Strawberry Cibodas meliputi peluang dan ancaman yang dimiliki. Adapun faktor eksternal yang menjadi peluang perusahaan sebanyak 6 faktor dengan maraknya peliputan mengenai obyek rekreasi pada stasiun televisi sebagai peluang terbesar. Faktor eksternal lainnya yang menjadi ancaman perusahaan sebanyak 4 dengan jumlah tempat wisata yang berada pada Kabupaten Cianjur semakin bertambah sebagai ancaman terbesar. Hasil analisis lingkungan internal dengan Matriks IFE untuk kelemahan dan kekuatan diperoleh total nilai tertimbang berada pada rata-rata yaitu sebesar 2,46, hal ini menunjukan agrowisata Taman Strawberry Cibodas mengatasi kelemahan dengan menggunakan kekuatan berada pada posisi menengah atau rata-rata. Hasil analisis Matriks EFE untuk peluang dan ancaman diperoleh total nilai tertimbang sebesar 3,30. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan Agrowisata Taman Strawberry Cibodas dalam merespon peluang dan mengatasi ancaman tergolong tinggi. Hasil Matriks IE menempatkan Agrowisata Taman Strawberry Cibodas pada sel II, dimana perusahaan memiliki kemampuan internal sedang dan eksternal kuat. Pada sel II strategi yang dapat dilakukan perusahaan adalah posisi tumbuh dan membangun (grow and build). Strategi yang tepat digunakan oleh Agrowisata Taman Strawberry Cibodas adalah strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan pengembangan produk) atau strategi integrasi (integrasi ke belakang, integrasi ke depan, dan integrasi horizontal). Berdasarkan Matriks SWOT dihasilkan 7 strategi dimana prioritas pelaksanaan strategi tersebutkan diurutkan dari prioritas strategi utama yang dapat dijalankan terlebih dahulu oleh Taman Strawberry Cibodas dengan menggunakan perhitungan QSPM. Urutan prioritas strategi yaitu (1) Mengikuti event promosi yang diadakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Cianjur dalam mempromosikan agrowisata Taman Strawberry Cibodas, (2) Mengupayakan penawaran kerjasama dengan stasiun televisi untuk memasarkan agrowisata Taman Strawberry Cibodas kepada masyarakat luas, (3) Melakukan perbaikan kebun stroberi dan inovasi terhadap konsep agrowisata agar lebih menarik dengan memberikan paket wisata, (4) Penambahan fasilitas permainan yaitu bekerjasama dengan perusahaan jasa permainan untuk menambah daya tarik pengunjung, (5) Mengoptimalkan aktivitas promosi dengan pembuatan brosur-brosur ke vila atau penginapan sekitar dan sekolah-sekolah terutama saat menjelang liburan sekolah, (6) Pembuatan website resmi dan papan nama yang cukup besar dan menarik dalam mempromosikan agrowisata Taman Strawberry Cibodas, (7) Perluasan areal perkebuan stroberi agar pengunjung dapat lebih leluasa dalam berwisata dan mengoptimalkan agrowisata berkonsep edukasi sehingga agrowisata Taman Strawberry Cibodas lebih menarik.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomics and Development Studies - Agribusinessid
dc.titleStrategi Pemasaran Agrowisata Stroberi (Studi Kasus : Taman Strawberry Cibodas, Kampung Dauwan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur)id
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordStrategyid
dc.subject.keywordAgrotourismid
dc.subject.keywordInternal Factorid
dc.subject.keywordEksternal Factorid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record