Strategi Pemasaran Agrowisata Stroberi (Studi Kasus : Taman Strawberry Cibodas, Kampung Dauwan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Menganalisis faktor-faktor internal dan
eksternal yang menjadi kekuatan dan kelemahan serta ancaman dan peluang yang
dihadapi oleh Taman Strawberry Cibodas, dan (2) Menganalisis strategi pemasaran
perkebunan stroberi yang dapat di terapkan pada Taman Strawberry Cibodas dalam
menghadapi persaingan usaha agrowisata pada kawasan Kabupaten Cianjur.
Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai Juni 2012. Data yang digunakan
terdiri dari data primer dan sekunder yang bersifat kualitatif dan kuantitatif.
Penelitian ini menggunakan informan berjumlah 4 orang responden, yaitu pihak
internal terdiri dari pengelola Taman Strawberry Cibodas, pengelola kebun stroberi
dan pihak eksternal Dinas Pariwisata Kabupaten Cianjur, 30 orang responden
pengunjung. Keterlibatan pihak eksternal dimaksudkan untuk menghasilkan
alternatif strategi yang lebih objektif. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini
adalah analisis deskriptif dan analisis tiga tahap formulasi. Alat bentuk analisis yang digunakan untuk merumuskan strategi adalah Matriks IFE, Matriks EFE, Matriks IE,
Matriks SWOT, dan Matriks QSP.
Hasil matriks IFE dan EFE pada Agrowisata Taman Strawberry Cibodas
menghasilkan 11 faktor strategis internal yang menentukan pemasaran Taman
Strawberry Cibodas meliputi kekuatan dan kelemahan yang dimiliki. Adapun faktor
internal yang menjadi kekuatan perusahaan sebanyak 5 faktor dengan keramahan dan
kesopanan karyawan dalam berinteraksi dengan pengunjung sebagai kekuatan
terbesar. Faktor internal lainnya yang menjadi kelemahan perusahaan sebanyak 6
faktor dengan lokasi agrowisata berdekatan dengan lokasi wisata lainnya sebagai
kelemahan utama. Selain itu Taman Strawberry Cibodas juga menghasilkan 10
faktor strategi eksternal yang menentukan pemasaran Taman Strawberry Cibodas
meliputi peluang dan ancaman yang dimiliki. Adapun faktor eksternal yang menjadi
peluang perusahaan sebanyak 6 faktor dengan maraknya peliputan mengenai obyek
rekreasi pada stasiun televisi sebagai peluang terbesar. Faktor eksternal lainnya yang
menjadi ancaman perusahaan sebanyak 4 dengan jumlah tempat wisata yang berada
pada Kabupaten Cianjur semakin bertambah sebagai ancaman terbesar.
Hasil analisis lingkungan internal dengan Matriks IFE untuk kelemahan dan
kekuatan diperoleh total nilai tertimbang berada pada rata-rata yaitu sebesar 2,46, hal
ini menunjukan agrowisata Taman Strawberry Cibodas mengatasi kelemahan dengan
menggunakan kekuatan berada pada posisi menengah atau rata-rata. Hasil analisis
Matriks EFE untuk peluang dan ancaman diperoleh total nilai tertimbang sebesar
3,30. Hal ini menunjukan bahwa kemampuan Agrowisata Taman Strawberry
Cibodas dalam merespon peluang dan mengatasi ancaman tergolong tinggi. Hasil
Matriks IE menempatkan Agrowisata Taman Strawberry Cibodas pada sel II, dimana
perusahaan memiliki kemampuan internal sedang dan eksternal kuat. Pada sel II
strategi yang dapat dilakukan perusahaan adalah posisi tumbuh dan membangun
(grow and build). Strategi yang tepat digunakan oleh Agrowisata Taman Strawberry
Cibodas adalah strategi intensif (penetrasi pasar, pengembangan pasar, dan
pengembangan produk) atau strategi integrasi (integrasi ke belakang, integrasi ke
depan, dan integrasi horizontal).
Berdasarkan Matriks SWOT dihasilkan 7 strategi dimana prioritas pelaksanaan
strategi tersebutkan diurutkan dari prioritas strategi utama yang dapat dijalankan
terlebih dahulu oleh Taman Strawberry Cibodas dengan menggunakan perhitungan
QSPM. Urutan prioritas strategi yaitu (1) Mengikuti event promosi yang diadakan
oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Cianjur dalam mempromosikan agrowisata Taman
Strawberry Cibodas, (2) Mengupayakan penawaran kerjasama dengan stasiun
televisi untuk memasarkan agrowisata Taman Strawberry Cibodas kepada
masyarakat luas, (3) Melakukan perbaikan kebun stroberi dan inovasi terhadap
konsep agrowisata agar lebih menarik dengan memberikan paket wisata, (4)
Penambahan fasilitas permainan yaitu bekerjasama dengan perusahaan jasa
permainan untuk menambah daya tarik pengunjung, (5) Mengoptimalkan aktivitas
promosi dengan pembuatan brosur-brosur ke vila atau penginapan sekitar dan
sekolah-sekolah terutama saat menjelang liburan sekolah, (6) Pembuatan website
resmi dan papan nama yang cukup besar dan menarik dalam mempromosikan
agrowisata Taman Strawberry Cibodas, (7) Perluasan areal perkebuan stroberi agar
pengunjung dapat lebih leluasa dalam berwisata dan mengoptimalkan agrowisata
berkonsep edukasi sehingga agrowisata Taman Strawberry Cibodas lebih menarik.
Collections
- UT - Agribusiness [4769]
