Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorWijayanti, Ari
dc.date.accessioned2023-11-08T08:04:13Z
dc.date.available2023-11-08T08:04:13Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131187
dc.description.abstractIndonesia memiliki peluang yang sangat besar dalam bidang pariwisata. Hal ini dikarenakan kekayaan dan keindahan alam yang dimilikinya dan telah menjadi modal utama dalam pengembangan pariwisata. Sektor pariwisata tersebut merupakan salah satu sumber pendapatan devisa. Upaya pemanfaatan dan pendayagunaan sumberdaya alam sebagai objek wisata merupakan langkah strategis dalam memberikan kontribusi yang besar untuk peningkatan perekonomian Negara. Hotel merupakan salah satu industri jasa bidang kepariwisataan keberadaannya dirasakan semakin penting untuk masyarakat. Hotel Augusta merupakan salah satu hotel yang terdapat di Sukabumi. Hotel ini termasuk kedalam kelas melati (tidak berbintang). Di Indonesia terdapat tujuh lokasi hotel Augusta yaitu di Jakarta, Bandung, Garut, Sukabumi, Pelabuhan Ratu, Carita dan Sanur Bali. Dalam memahami kebutuhan dan keinginan konsumen perlu dilakukan segmentasi pasar pada seluruh pengunjung. Dengan mengetahui secara tepat segmentasi pasar yang dituju maka pemberian kualitas pelayanan akan memberikan basil yang memuaskan dan berefek pada keuntungan atau profit perusahaan. Penelitian ini dimulai dari survey terhadap lokasi penelitian / hotel Augusta sehingga diketahui gambaran umum perusahaan. Selanjutnya menganalisis variabel­variabel. Variabel-variabel yang dignakan yaitu demografis, psikografis, perilaku dan geografis. Keempat variabel tersebut diolah secara frekuensi dan dianalisis secara deskriptif. Gaya hidup responden diketahui dengan analisis cluster. Karakteristik responden secara umum berdasarkan segmentasi demografis ialah sebagian besar pelanggan: 60 berjenis kelamin wanita, 30% berusia 26-35, 36,7% berpendidikan Sarjana (SI) dan SMU, 41,7% status pekerjaan sebagian besar pegawai swasta, 35% rata-rata penghasilan pelanggan sebanyak 2-3 juta per bulan. Berdasarkan segmentasi geografis sebagian besar, pelanggan berasal dari Sukabumi yaitu sebesar 55%. Berdasarkan segmentasi perilaku sebagian besar pelanggan memiliki karakteristik: 38,3% pelanggan menginap karena lokasi hotel yang startegis atau dekat dengan tempat kegiatan bisnis, 48,3% mengambil keputusan menginap karena diri sendiri dan berkunjung untuk pertama kali, 41,7% pelanggan mengenal hotel Augusta adalah dari teman, 50% menginap untuk kepentingan bisnis, 43,3% tidak menggunakan fasilitas yang disediakan hotel, 63,3% pelanggan hanya menginap untuk satu hari/satu malam, 46,7% datang ke hotel dengan teman dan 61,7% menggunakan alat transportasi mobil pribadi. Berdasarkan gaya kepentingan terhadap pelayanan dan fasilitas yang diberikan ditemukan bahwa Sebagian besar responden termasuk kedalam cluster 3, yaitu mereka yang kurang mementingkan pelayanan dan fasilitas hotel yang diberikan. Kepentingan pengunjung yang termasuk dalam cluster ini untuk menginap ialah dan karena faktor lokasi hotel yang menurut mereka cukup startegis dan faktor harga.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcmanagementid
dc.subject.ddcMarket segmentation analysisid
dc.titleAnalisis segmentasi pasar Hotel Augusta Sukabumiid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordHotelid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record