Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorHatta, Widia
dc.date.accessioned2023-11-08T07:51:11Z
dc.date.available2023-11-08T07:51:11Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131173
dc.description.abstractTabungan Danamon Lebih merupakan salah satu produk tabungan yang ada di Danamon yang memiliki fitur-fitur yang menarik, seperti bebas biaya administrasi bulanan, cash back 5%, pembukaan awal Rp. 100.000 dan lain-lain. Danaman Cabang Warung Jambu perlu menerapkan konsep pemasaran dengan menitikberatkan kepada apa yang diinginkan konsumen dapat dipenuhi oleh perusahaan dan dapat memberikan kepuasan bagi konsumen. Berdasarkan latar belakang dan permasalahan yang telah dikemukakan di atas, maka perumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Mengidentifikasi karakteristik nasabah Danamon Cabang Warung Jambu (2) Menganalisis proses pengambilan keputusan konsumen dalam memilih produk tabungan Danamon Lebih. (3) Menganalisis faktor-faktor tabungan Danamon Lebih yang dipentingkan nasabah. Fengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling sebanyak 100 responden. Analisis data dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Reliabilitas, Analisis Deskriptif dan Analisis Faktor. Pengolahan data dibantu dengan Microsoft Excel dan program. SPSS versi 15 for windows.. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa selagian besar dari nasabah berjenis kelamin laki-laki (51%) dengan usia 24-30 tahun (36%), sudah menikah (53%), tingkat pendidikan lulusan S1 (35%), pekerjaan pegawai swasta (3896), pendapatan antara Rp 500.001 -1.800.000 dan Rp. 4.500.001 per bulan 28%) dan pengeluaran Rp. 900.000 per bulan (33%). ( Pada tahap pengenalan kebutuhan, tujuan menabung untuk mengantisipasi keperluan mendadak (39%). Pada tahap pencarian informasi, diperoleh melalui informasi dari pihak bank (34%) dan fokus perhatian dalam memilih tabungan adalah fasilitas yang didapat (68%). Pada tahap evaluasi, pertimbangan utama adalah fasilitas yang didapat (52%). Pada tahap pengambilan keputusan, nasabah memutuskan memilih Danamon Lebih adalah karena fasilitas tabungan yang menarik (61%). Fasilitas tabungan yang lebih disukai adalah bebas biaya administrasi (51%). Pada tahap pasca pembelian, sebagian besar nasabah menyatakan suka (52%) dan puas (50%). Nasabah bersedia untuk mereferensikan tabungan Danamon Lebih kepada orang lain (99%). Hasil pengujian untuk mengetahui faktor-faktor tabungan Danamon Lebih yang dipentingan nasaban, diketahui nilai KMO sebesar 0.375 yang berarti layak untuk dilakukan pengujian selanjutnya. Nilai communalities yang terbesar adalah cepat tanggap terhadap keluhan (0.824), kemampuan dan kesigapan petugas (0.774) serta keramahan, kesopanan dan kerapihan penugas (0.772). Ada empat faktor yang terbentuk dalam analisis ini. Berdasarkan hasil pengolahan data, pada faktor pertama, atribuit yang paling berpengaruh adalah cepat tanggap terhadap keluhan (0.852). Pada faktor kedua adalah fasilitas produk tabungan seperti bebas biaya administrasi dan cash back 5 % (0.804). Pada faktor ketiga adalah bunga yang diperoleh (0.828). Pada faktor keempat adalah promosi yang dilakukan (0.723).id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcmanagementid
dc.titleAnalisis proses pengambilan keputusan dan faktor-faktor tabungan Danamon Lebih yang dipentingkan nasabah: Studi kasus nasabah yang memiliki Danamon Lebih Cabang Warung Jambuid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordAnalysis of decision-making processid
dc.subject.keywordCustomersid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record