Show simple item record

dc.contributor.advisorAminah, Mimin
dc.contributor.authorMukhlish, Ahmad
dc.date.accessioned2023-11-08T07:49:28Z
dc.date.available2023-11-08T07:49:28Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/131171
dc.description.abstractCV. ORA ET LABORA adalah perusahaan otomotif yang bergerak dibiclang jasa reparasi mobil clan merupakan salah satu Dealer Resmi Yamaha di area Bogor yaitu Roda Dua Motor yang melayani penjualan, suku caclang clan bengkel sepeda motor Yamaha. Ketatnya persaingan bisnis sepeda motor Yamaha, menuntut perusahaan harus melakukan survei kepuasan konsumen clan mengukur tingkat kepuasan konsumen untuk mengetahui sejauh mana setiap deaJer resmi Yamaha memuaskan konsumen dalam rangka terciptanya konsumen yang loyal. Penelitian ini bertujuan Uhtuk (I) Mengidentifikasi karakteristik konsumen Dealer Roda Dua Motor, (2) Mengidentifikasi tahapan proses pembelian konsumen DeaJer Roda Dua Motor, clan (3). Menganalisa tingkat kepuasan konsumen Dealer Roda Dua Motor. Pengumpulan data berdasarkan data sekunder (studi pustaka) clan data primer melalui hasil wawancara clan secara penyebaran kuesioner kepada 100 responden Roda Dua Motor Bogor. Metode analisis data yang digunakan yaitu metode Imponance-Performance Analysis (IPA), clan Customer Satisfaction Index (CS!). Pengolaha:n data dibantu dengan menggunakan software Microsoft Excel clan software SPSS 15.00 for Windows. Konsumen Dealer Roda Dua Motor mayoritas berjenis kelamin pria (87%), berusia antara 21·30 tahun (52%), dan menikah (59%), berprofesi sebagai pegawai swasta.(42%), berpendidikan SMA (58%) dengan pendapatan antara Rp I .000.000-3.000.000 (49%). Proses pengambilan keputusan konsumen terhadap produk clan pelayanan, dimulai dengan tahapan pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan membeli clan perilaku setelah membeli. Awai proses pengenalan kebutuhan, konsumen membutuhkan sepeda motor sebagai alat tran.sportasi untuk bekerja (59%). Dalam pencarian informasi mengenai jenis sepeda motor (70%), konsumen menggunakan media iklan TV (62%) atau dengan cara mengunjungi dealer (24%) clan sumber informasi yang paling mempengaruhi adalah pengalaman atau ingatan diri sendiri (51%) dengan lama waktu pencarian selama satu minggu (4()0/o). Tahapan evaluasi alternatif, konsumen mengevaluasi sebelum membeli motor clan telah direncanakan sebelumnya (92%) dengan mempertimbangkan harga juaJ kembali (32%). Tahapan selanjutnya keputusan membeli, konsumen memutuskan sendiri (68%) dan membeli sepeda motor secara kredit leasing melalui dealer (56%) dengan melibatkan _suami/istri (19%), orang tua (6%), clan anak (4%) .. Pada tahapan terakhir diperoleh perilaku setelah pembelian, menunjukkan bahwa responden akan tetap loyal (43%) menggunakan sepeda motor Yamaha dan pasti akan membeli di Dealer Roda Dua Motor (30%). Secara keseluruhan nilai rataan tingkat kepentingan (4,21) clan tingkat kepuasan (3,53) diperoleh nilai tingkat kesesuaian sebesar 90,28%. Hasil perhitungan CS/ diperoleh sebesar 0,71 yang berarti "puas" yang menunjukkan bahwa pelayanan Dealer Roda Dua Motor telah memuaskan konsumennya.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcmanagementid
dc.subject.ddcAnalysis of decision-making processid
dc.titleAnalisis proses pengambilan keputusan dan kepuasan konsumen Dealer Roda Dua Motor CV. Ora Et Labora Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordImportant Performance Analysisid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record