Analisis proses keputusan pembelian dan kepuasan konsumen terhadap Mid East Cafe Lounge and Shisha, Bogor
Abstract
Perkembangan industri makanan dan minuman di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan. Salah satu industri makanan yang mengalami perkembangan pesat adalah restoran. Mid East Cafe Lounge and Shisha merupakan salah satu restoran yang spesialisasi makanannya khas ala Timur Tengah. Restoran ini merupakan restoran baru yang siap untuk berkembang. Selama lebih kurang dua tahun beroperasi jumlah pengunjung dan penerimaan yang diharapkan masih belum memenuhi target yang diharapkan. Tingginya persaingan bisnis yang dihadapi Mid East Cafe Lounge and Shisha menuntut manajemen agar memahami kondisi pasar yang ada. Salah satu cara memahami kondisi pasar adalah dengan melihat perilaku konsumen, karena konsumen adalah sasaran utama dari produk dan jasa yang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana proses keputusan
pembelian di Mid East Cafe Lounge and Shisha, menganalisis sejauhmana
kepuasan konsumen Mideast dan memberikan rekomendasi yang dapat dilakukan
oleh restoran untuk mengatasi keterbatasan jumlah tenaga kerja. Penelitian ini
dilaksanakan di Mid East Cafe Lounge and Shisha, yang terletak di Jl. Salak no 8
Kota Bogor Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan pada bulan Desember
2008 sampai dengan Januari 2009. Data yang diperlukan dalam penelitian ini
berupa data primer dan data sekunder. Penarikan sampel dilakukan dengan
metode convenience sampling, yaitu sampel diambil berdasarkan kemudahan dan
kenyamanan untuk mendapatkannya. Jumlah responden yang diambil adalah 100
orang. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan metode
deskriptif, Customer Satisfaction Index (CSI), dan Importance Performance
Analysis (IPA). ...
Collections
- UT - Agribusiness [4530]