Show simple item record

dc.contributor.advisorSukmawati, Anggraini
dc.contributor.advisorSyamsun, Muhamad
dc.contributor.authorRahmawati, Ananda Puput
dc.date.accessioned2023-11-02T01:00:16Z
dc.date.available2023-11-02T01:00:16Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/130013
dc.description.abstractPerusahaan yang bergerak di bidang jasa pada umumnya sangat sarat dengan muatan pengetahuan dan membutuhkan strategi khusus untuk mempelajari dan kemudian menyebarkannya. Strategi pengelolaan pengetahuan dilakukan agar pengetahuan dapat tersimpan, terdistribusi dengan baik dan dapat dimanfaatkan secara optimal yang pada akhirnya akan membantu perusahaan mencapai organisasi pembelajar yang ideal. Teknologi intranet akan membantu perusahaan untuk menyediakan akses ke berbagai informasi, menemukan, menciptakan, memperoleh dan menyebarkan pengetahuan bagi organisasi serta menunjang proses berbagi pengetahuan (knowledge sharing) antar anggota organisasi. PT Telekomunikasi Indonesia Tbk yang merupakan perusahaan penyedia layanan jasa telekomunikasi harus menerapkan strategi pengelolaan pengetahuan dengan baik guna menjadi organisasi pembelajar dengan peran knowledge sharing berbasis intranet dalam prosesnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengkaji persepsi karyawan dan penerapan strategi pengelolaan pengetahuan, knowledge sharing berbasis intranet dan disiplin organisasi pembelajar di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dan (2) menganalisis hubungan antara strategi pengelolaan pengetahuan terhadap disiplin organisasi pembelajar pada PT Telekomunikasi Indonesia Tbk dengan peran pemoderasian knowledge sharing berbasis intranet di dalam hubungan tersebut. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode sensus. Uji validitas kuesioner dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment Pearson dan uji reliabilitas menggunakan metode Cronbach’s Alpha. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis persepsi/skor rataan, analisis One Way ANOVA dan metode Structural Equation Modeling (SEM). Berdasarkan hasil penelitian penerapan strategi pengelolaan pengetahuan, knowledge sharing berbasis intranet dan disiplin organisasi pembelajar telah diterapkan dengan sangat baik di PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Berdasarkan analisis pengaruh antar variabel, knowledge sharing berbasis intranet memiliki hubungan yang signifikan terhadap disiplin organisasi pembelajar, sedangkan strategi pengelolaan pengetahuan tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap keduanya. Variabel knowledge sharing berbasis intranet tidak dapat berperan sebagai variabel moderasi, melainkan berperan sebagai variabel bebas yang memiliki hubungan signifikan dengan variabel disiplin organisasi pembelajar dan memiliki keeratan hubungan sebesar 95,1% terhadap disiplin organisasi pembelajar. Indikator knowledge merupakan indikator yang paling kuat dari variabel knowledge sharing berbasis intranet yaitu sebesar 81,6%, sedangkan indikator disiplin model mental merupakan indikator paling kuat dari disiplin organisasi pembelajar yaitu sebesar 78,2%.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomics and Development Studies - Managementid
dc.titleHubungan Strategi Pengelolaan Pengetahuan dan Knowledge Sharing berbasis Intranet terhadap Disiplin Organisasi Pembelajar pada PT Telekomunikasi Indonesia TBK UCS Regional IIid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordKnowledge Management Strategyid
dc.subject.keywordKnowledge Sharing Intranet basedid
dc.subject.keywordLearning Organization Disciplineid
dc.subject.keywordModerating Variableid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record