View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Agribusiness
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Agribusiness
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis usaha Ternak dan pemasaran domba: Studi kasus di Desa Sadang, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat

      Thumbnail
      View/Open
      Fullteks (2.811Mb)
      Date
      1998
      Author
      Marsaulina, Rumondang Miranda
      Saragih, Bungaran
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Permasalahan dalam usaha temak domba yaitu pengusahaan masih berskala kecil dengan tujuan usaha subsisten dan teknologi budidaya dalam sistem pemeliharaan domba masih sederhana. Skala usaha yang kecil ini dan rendalmya teknik budidaya menyebabkan produksi domba rendah sehingga penerimaan dari penjualan domba hidup juga sedikit dan tidak rutin sehingga rnengurangi insentif petemak untuk meningkatkan pola usahatemak dombanya rnenjadi kornersial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum usahatani ternak domba sehingga dapat menganalisis pendapatan petemak domba serta efisiensi usahanya, menganalisis saluran pemasaran dan fungsi-fungsi pemasaran yang dilakukan tiap lembaga pemasaran terlibat, rnernpelajari efisiensi pemasaran dengan rnengukur besar margin pemasaran serta struktur pasar tempat penjualan domba dari daerah penelitian. Mengingat domba merupakan produk yang hams diolah dulu supaya dapat memberi lebih banyak manfaat rnaka penerimaan dari pemasaran domba yang telah diolah juga dianalisis yaitu dengan analisis nilai tambah. Penelitian dilakukan di desa Sadeng, Kecarnatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, Propinsi Jawa Barat. Pemilihan peternak responden dilakukan secara sengaja berjumlah 27 petemak. Untuk analisis pemasaran diarnbil sampel tengkulak sebanyak 2 orang, I orang bandar dan 2 orang bandar jagal. Data untuk penelitian berupa data pnmer dan data sekunder. Data primer diambil dari hasil wawancara berdasarkan kuesioner dan pengamatan langsung. Analisis data meliputi analisis pendapatan, analisis tingkat titik impas, aanalisis margin pemasaran dan analisis nilai tambah.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129935
      Collections
      • UT - Agribusiness [4770]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository