Analisis strategi promosi pada Serambi Botani
Abstract
Persaingan usaha yang terjadi saat ini serta adanya kesadaran masyarakat yang
semakin meningkat, mendorong perusahaan untuk menghasilkan produk yang
berkualitas. Tingginya tingkat persaingan usaha ini menimbulkan sebagian perusahaan
yang tidak bertanggung jawab memproduksi produk yang terlihat baik pada tampilan
yang dihasilkan dengan harga murah dengan menggunakan zat-zat kimia berbahaya
tanpa memikirkan dampak yang ditimbulkan dimana hal ini menimbulkan
kekhawatiran dikalangan masyarakat. Namun demikian tidak seluruh perusahaan
melakukan hal tersebut dalam mengolah setiap produknya, terdapat beberapa
perusahaan yang melihat hal tersebut sebagai suatu peluang untuk memulai usaha.
Serambi Botani sebagai salah satu perusahaan yang belum lama berdiri dan sedang
mengembangkankan usahanya dengan melihat peluang ini, menghadirkan produkproduk
natural untuk dipasarkan, dan diterima oleh masyarakat. Oleh karena itu,
Serambi Botani memerlukan suatu strategi promosi yang tepat untuk menyampaikan
informasi mengenai produk-produk tersebut agar maksud dan tujuan perusahaan
tercapai sesuai dengan yang ditargetkan. Tujuan dilakukannya penelitian ini, adalah
(1) Mengetahui bentuk program promosi yang dijalankan oleh Serambi Botani dalam
mempromosikan produknya. (2) Mengindentifikasi faktor-faktor apa saja yang
berpengaruh dan menjadi unsur penyusun strategi promosi pada Serambi Botani. (3)
Menyusun alternatif strategi promosi yang sesuai bagi Serambi Botani.
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh
dari hasil observasi dan wawancara dengan pihak Serambi Botani dengan bantuan
kuesioner kepada lima orang responden yaitu general manager, manager produk dan
promosi, 2 orang store leader, dan ahli pemasaran. Sedangkan data sekunder diperoleh
dari data internal perusahaan, skripsi, informasi internet, dan buku terkait dengan
penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analytical
Hierarchy Process (AHP) dengan bantuan Microsoft Excel 2007 dan Expert Choise
2000.
Berdasarkan dari hasil pengolahan AHP, terdapat enam alternatif strategi
promosi yang dapat direkomendasikan kepada Serambi Botani yaitu Melakukan
promosi melalui pemasaran langsung seperti belanja elektronik, situs jejaring sosial
seperti facebook, multiply, linkedink, ataupun situs jual beli seperti kaskus dan toko
bagus (0.2508), Meningkatkan kegiatan pada promosi penjualan seperti cendera mata
dan hadiah, contoh produk, pameran dagang, dan potongan harga (0.2198), Melakukan
kegiatan promosi pada program periklanan seperti iklan cetak dan siaran, brosur dan
buklet, poster, spanduk, dan billboard (0.2036), Melakukan kegiatan promosi yang
telah dilakukan perusahaan pada sebelumnya (0.1440), Melakukan promosi melalui
kegiatan humas seperti majalah perusahaan, seminar mengenai herbal dan lifestyle
‘back to nature’ (0.1118), serta Melakukan kegiatan acara khusus atau pengalaman
seperti mensponsori festival herbal, dan wisata perusahaan (0.0700).
Collections
- UT - Management [3459]