Analisis Biaya Standar Sebagai Alat Pengendalian Biaya Produksi Pada UMKM Pia Piaku!, Bogor
Abstract
Inovasi dan diferensiasi dapat dilakukan pada produk utama rumah makan,
namun kesuksesan inovasi dan diferensiasi produk rumah makan tersebut sangat
tidak bisa dilepaskan dari kepuasan konsumen dan kegiatan pembelian ulang yang
dilakukan secara terus menerus pada produk tersebut. Rumah Cupcake & Bbq
(RC) berdiri pada 9 November 2009 dengan konsep rumah makan yang unik,
yaitu rumah makan yang menyajikan produk cupcake sebagai produk utamanya
yang dapat dinikmati langsung di dalam rumah makan tersebut beserta.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) Mengidentifikasi karakteristik
konsumen yang membeli produk cupcake di Rumah Cupcake & Bbq bogor, (2)
Menganalisis tingkat kepuasan konsumen terhadap atribut-atribut produk cupcake
di Rumah Cupcake & Bbq Bogor, (3) Menganalisis loyalitas konsumen produk
cupcake di Rumah Cupcake & Bbq Bogor. Pengambilan sampel dilakukan dengan
metode Non Probability Sampling yaitu dengan teknik Convenience Sampling. Uji
validitas dan reliabilitas kuesioner dilakukan kepada 30 sampel, diuji
menggunakan metode Pearson Corelation Product Moment dan reliabilitas alfa
cronbach. Atribut-atribut digunakan yang dalam penelitian ini adalah atributatribut
dimensi produk, atribut karakteristik pelanggan yang loyal dan atribut
brand loyalty. Data diolah menggunakan Microsoft Excell dan software IBM SPSS
19.00 for windows dengan alat analisis deskriptif (descriptive analysis)
Importance Performance Analysis (IPA), Customer Satisfaction Index (CSI),
analisis Karakteristik Pelanggan yang Loyal dan analisis Brand Loyalty.
Hasil analisis IPA adalah terdapat 10 atribut yang dianggap penting oleh
konsumen, namun kinerja dari atribut-atribut yang dimiliki ini belum maksimal
dan dianggap belum sesuai dengan harapan konsumen. Atribut tersebut adalah
atribut variasi pilihan rasa, variasi topping, bentuk hiasan topping, variasi filling,
bentuk cupcake yang unik, tekstur, cita rasa produk cupcake yang dibawa pulang,
umur produk, ketersediaan produk dan atribut hargaPenelitian dilakukan di
Rumah Cupcake & Bbq Bogor. Nilai CSI yang diperoleh dalam penelitian ini
adalah 0,76 dan berdasarkan skala yang digunakan dapat dikatakan bahwa
konsumen sudah merasa sangat puas.
Berdasarkan analisis brand loyalty piramida loyalitas yang terbentuk
sudah baik dan membentuk piramida terbalik, namun nilai kesetiaan konsumen
pada setiap tingkatan dalam analisis brand loyalty belum ada yang mencapai 100
persen. Presentase konsumen yang menjadi switcher buyer adalah 45 persen,
habitual buyer 62 persen, satisfied buyer 93 persen, liking the brand 96 persen
dan commited buyer adalah 96 persen. Pada hasil uji Rank Spearman dapat
diketahui bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kinerja atribut produk
cupcake dengan kesetiaan konsumen habitual buyer, satisfied buyer, liking the
brand, dan commited buyer, namun terdapat satu tingkatan loyalitas brand loyalty
yang tidak mempunyai hubungan signifikan dengan kepuasan konsumen pada
kinerja produk cupcake yaitu switcher buyer.
Collections
- UT - Management [3374]