View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Strategi Pemasaran pada M-BRIO Food Laboratory

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (1.216Mb)
      Date
      2012
      Author
      Triatmoko, Cinde
      Munandar, Jono M.
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      M-BRIO Food Laboratory merupakan salah satu laboratorium pengujian pangan, yang eksistensinya untuk memberikan jaminan keamanan mutu pangan melalui jasa analisi kimia, dan mikrobiologi. Persaingan yang terjadi diantara labratorium pengujian pangan tidak boleh melanggar etika dan integritas laboratorium itu sendiri sebagai lembaga laboratorium yang menjunjung tinggi nilai kejujuran dalam memberikan jaminan hasil analisisnya. Oleh karena itu, M-BRIO Food Laboratory harus memiliki strategi pemasaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor lingkungan internal dan eksternal yang berpengaruh terhadap strategi pemasaran pada M-BRIO Food Laboratory. (2) Merekomendasikan alternatif strategi pemasaran yang sesuai dan dapat diterapkan pada M-BRIO Food Laboratory. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Pengolahan data hasil penelitian dianalisis dan diolah secara kuantitatif. Analisis dalam penelitian akan dimulai dengan mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal perusahaan. Perumusan strategi yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu tahap masukan dengan menggunakan matriks IFE dan matriks EFE, tahap pencocokan dengan menggunakan matriks SWOT dan tahap keputusan dengan menggunakan metode perbandingan berpasangan untuk pembobotan strategi pemasaran utama dan dilanjutkan dengan analitycal hierarchy process (AHP) untuk menetapkan prioritas strategi pemasaran yang tepat bagi perusahaan. Prioritas strategi pemasaran yang direkomendasikan untuk M-BRIO Food Labortory, yaitu : (1) Melakukan promosi dan edukasi dengan menginformasikan kualitas jasa, cakupan produk ruang lingkup dan parameternya yang sudah terakreditasi, kepada perusahaan pangan yang membutuhkan jasa laboratorium pengujian. (2) Melakukan kampanye budaya keamanan pangan kepada publik dengan mengankat isu-isu keamanan pangan sebagai bentuk promosi dan edukasi dengan menampilakan Prof. Dr. F.G. Winarno sebagai endorser. Prioritas strategi pemasaran tersebut untuk meningkatkan promosi dan edukasi yang dilakukan perusahaan.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129868
      Collections
      • UT - Management [3624]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository