dc.description.abstract | Tingkat persaingan yang tinggi membuat developer mall harus melakukan
kegiatan promosi yang inovatif dan bersaing untuk menarik minat calon tenant
untuk membuka usaha di mall. Banyak alasan yang menjadi pertimbangan
konsumen dalam memilih produk. Timbal balik sebagai keuntungan yang akan
diperoleh setelah membeli tidak hanya sebatas kepuasan terhadap produk.
Keuntungan pasca pembelian juga menjadi alternatif pilihan. Oleh karena itu PGB
Merdeka mengadakan program “Boombastic Gelegar Dahsyat Belanja
Berhadiah”. Setiap pembelian yang dilakukan konsumen akan dihargai dengan
kupon undian berhadiah Sepeda Motor dan barang–barang elektronik.
Tujuan dari penelitian berdasarkan pada perumusan masalah adalah
mengindentifikasi metode promosi yang dilakukan PGB untuk program
boombastic gelegar dahsyat belanja berhadiah pada PGB Merdeka, menganalisis
keefektivan program boombastic gelegar dahsyat belanja berhadiah untuk
mempromosikan PGB Merdeka dan merumuskan strategi promosi yang efektif
pada boombastic gelegar dahsyat belanja berhadiah untuk mempromosikan PGB
Merdeka.
Jenis data yang dipakai dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang
diperoleh dari hasil wawancara dan penyebaran kuesioner, sedangkan data
sekunder diperoleh dari studi pustaka, artikel dari internet, serta data dari PGB
Merdeka. Pengolahan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan
Software SPSS 16.00 dan Microsoft Excel. EPIC Model (Emphaty, Persuasion,
Impact, dan Communication) untuk mengukur keefektivan promosi yang
dilakukan.
Media metode promosi program boombastic gelegar dahsyat belanja
berhadiah pada PGB meliputi pemasangan spanduk di daerah Bogor, penyebaran
brosur/flyer di PGB maupun luar PGB dan audio dalam bentuk announce di dalam
gedung dan event berupa acara lomba sebagai hiburan. Strategi promosi yang
efektif untuk diterapkan oleh PGB yaitu dengan meningkatkan kegiatan promosi,
membuat iklan di radio sehingga target informasi promosi lebih luas, kerjasama
dengan pihak luar untuk acara hiburan PGB serta melakukan kegiatan promosi
yang lebih kreatif dan inovatif. Berdasarkan hasil dari EPIC Model diperoleh nilai
EPIC Rate sebesar 3,55 dan nilai ini berada dalam rentang skala efektif. Hal ini
menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh PGB dengan program undian
boombastic gelegar dahsyat belanja berhadiah telah efektif dilaksanakan. | id |