Analisis Pengaruh Cara Berbelanja Terhadap Shopping Enjoyment Pada Pusat Perbelanjaan ITC Cempaka Mas, Jakarta
Abstract
Dalam kegiatan berbelanja, terdapat dua kelompok konsumen yang berbeda, yaitu kelomp ok konsumen yang menikmati dan kelompok konsumen yang tidak menikmati kegiatan berbelanja tersebut. Perbedaan antara kedua konsumen ini yaitu terkait dengan bagaimana konsumen tersebut menjadikan kegiatan berbelanja sebagai suatu rekreasi, konsumen yang menikmati adalah mereka yang melakukan kegiatan berbelanja sebagai suatu aktivitas favorit mereka dan tidak hanya dilakukan untuk memenuhi kebutuhan primer saja melainkan juga sekunder dan tersier, sedangkan mereka yang tidak menikmati melakukan kegiatan berbelanja lebih kepada pemenuhan kebutuhan primer dan sekunder.
International Trade Centre (ITC) Cempaka Mas merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang terdapat di Jakarta, dengan berdirinya ITC Cempaka Mas berarti menambah jumlah pusat perbelanjaan di Jakarta. Peningkatan jumlah pusat perbelanjaan dan banyaknya pesaing dalam industri ini memungkinkan terjadinya persaingan antar mal untuk menarik perhatian para recreational shopper semakin meningkat pula. Demikian juga dengan para retailer yang mempunyai toko di dalam mal tersebut harus pintar dalam menginvestasikan uangnya dengan hal-hal yang dapat menarik kelompok recreational shopper tersebut, sehingga para investor atau pengembang pusat perbelanjaan perlu mengetahui indikator apa saja yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk menentukan pusat perbelanjaan mana yang akan dipilihnya.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi karakteristik konsumen di pusat perbelanjaan ITC Cempaka Mas, (2) Menganalisis pengaruh bargain hunting terhadap shopping enjoyment dan (3) Menganalisis pengaruh browsing terhadap shopping enjoyment. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari wawancara dan penyebaran kuesioner, sedangkan data sekunder diperoleh dari membaca buku-buku referensi, jurnal, artikel-artikel dari situs web yang berkaitan dengan pembahasan penelitian. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan alat pengolahan data SPSS versi 15.
Bargain hunting dan browsing merupakan sebagian dari cara berbelanja, dan masing-masing cara berbelanja mempengaruhi shopping enjoyment. Berdasaran uji t yang dilakukan, shopping enjoyment dipengaruhi cara berbelanja bargain hunting sebesar 26.1% dan untuk cara berbelanja browsing mempengaruhi sebesar 32.7%, sedangkan untuk uji F yang dilakukan variable bargain hunting dan browsing secara bersama-sama mempengaruhi shopping enjoyment. Untuk variasi shopping enjoyment dijelaskan oleh variabel bargain hunting dan browsing sebesar 15.4% sedangkan sisanya 84,6% dijelaskan oleh variabel-variabel atau aspek-aspek lain di luar model, seperti keamanan dan kenyamanan di suatu mal, keramahan dari pegawai, koperatif dan pelayanan yang memuaskan, tata lokasi toko yang rapi dan terstruktur, adanya program promosi, dan keragaman atau kelengkapan produk yang ditawarkan oleh mal.
Collections
- UT - Management [3378]