Penerapapan Cost Volume Profit Analysis dalam menunjang rencana pencapaian laba pia aneka rasa di UKM Pia Piaku! Bogor
Abstract
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah menghitung berapa
besar volume penjualan untuk masing-masing produk agar dapat mencapai titik
impas, menganalisis produk manakah yang dapat memberikan keuntungan
terbesar dan produk manakah yang dapat memberikan keuntungan terkecil bagi
perusahaan, dan menghitung volume penjualan untuk mencapai target laba yang
ditetapkan oleh perusahaan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
data kuantitatif yaitu berupa data-data dan laporan, yaitu berupa data biaya
produksi yang mencakup biaya bahan baku langsung, biaya tenaga kerja langsung
dan biaya overhead. Metode dan pengolahan analisis data yang digunakan adalah
cost volume profit. Dengan analisis Cost Volume Profit yang telah dilakukan
bahwa produk yang memberikan keuntungan terbesar bagi Pia PiaKu! adalah pia
rasa kacang hijau dengan margin kontribusi sebesar Rp 989.648,21. Sedangkan
produk yang memberikan margin kontribusi terkecil adalah pia rasa coklat dengan
nilai margin kontribusinya sebesar Rp 570.901,16.
Titik impas tercapai saat penjualan sebesar 922 unit. Jumlah tersebut
merupakan kombinasi penjualan produk pia rasa kacang hijau sebesar 338 unit,
pia rasa keju sebesar 325 unit dan pia rasa coklat sebesar 259 unit. Artinya jika Pia
PiaKu! mencapai titik penjualan tersebut maka Pia PiaKu! akan memperoleh laba
sebesar nol. Berdasarkan nilai penjualan, titik impas dapat dicapai pada tingkat
penjualan sebesar Rp 2.767.350,00. Jika dibandingkan dengan penjualan periode
April 2012 sebesar Rp 4.800.000 maka penjualan Pia PiaKu! selama periode April
2012 masih berada di atas titik impas. Berdasarkan target laba Pia PiaKu! yaitu
untuk mencapai laba sebesar Rp 20.000.000 untuk periode tahun 2012 maka
volume penjualan yang harus dicapai adalah sebanyak 13.884 unit, yang terdiri
dari kombinasi penjualan pia rasa kacang hijau sebanyak 5.085 unit, pia rasa keju
sebanyak 4.894 unit dan pia rasa coklat sebanyak 3.905 unit Dengan melakukan strategi promosi secara personal selling maka
diharapkan penjualan untuk produk pia rasa coklat dapat meningkat sehingga akan
memberikan margin kontribusi atau keuntungan yang cukup baik bagi Pia PiaKu!.
Harga juga dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi Pia PiaKu! untuk
meningkatkan penjualan produk pia rasa coklat. Selain itu juga Pia PiaKu! dapat
menjual dengan suatu paket yang berisi aneka rasa pia seperti coklat dan keju atau
bisa juga coklat dan kacang hijau atau dengan sekaligus tiga rasa pia dalam satu
paket. Hal ini bertujuan agar produk pia rasa coklat yang kurang memberikan
margin kontribusi dapat meningkat penjualannya
Collections
- UT - Management [3371]