Analisis Efektivitas Bauran Promosi pada Restoran D'Cost Seafood Bogor
Abstract
Letak kota Bogor yang strategis menjadikan kota Bogor sebagai tujuan
wisata dan kuliner. Potensi pasar yang besar ini merupakan peluang yang baik
untuk mendirikan tempat usaha. Hingga pada akhirnya bermunculan bebagai
restoran di Kota Bogor, hal ini menimbulkan persaingan di antara restoran
lainnya, dan setiap restoran berlomba untuk dapat unggul dan bersaing dari bentuk
pelayanan, fasilitas serta teknologi pendukungnya. Selain pelayanan dan
kenyaman yang diberikan, program promosi yang ditawarkan restoran juga tidak
kalah menarik. Salah satu restoran di Bogor yang menarik untuk diangkat dalam
penelitian kali ini adalah restoran D’cost seafood. Restoran D’cost merupakan
rumah makan spesialis seafood dengan harga terjangkau. Seperti motto yang
menjadi kebanggaan D’Cost yaitu “Mutu Bintang Lima, Harga Kaki Lima”.
Promosi merupakan strategi yang sampai saat ini menjadi prioritas utama. Dalam
penelitian kali ini ingin mengetahui upaya apa saja kah yang dilakukan oleh
D’cost Bogor untuk mempromosikan restorannya. Apakah upaya promosi
tersebut sudah efektif sehingga berpengaruh pada jumlah tamu yang datang ke
Restoran D’Cost Bogor.
Pengumpulan Data dilakukan melalui metode wawancara langsung dengan
pihak manajemen Restoran D’cost Bogor dan pengisian kuisioner oleh konsumen.
Pengelolaan dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan bantuan
komputer yaitu dengan menggunakan software SPPS versi 15 for windows dan
Microsoft Excel, uji validitas dan realibilitas untuk menguji keandalan kuisioner,
EPIC Model dan direct rating method yang digunakan untuk mengukur
keefektivitasan promosi yang dilakukan.
dari Hasil pengukuran efektivitas bauran promosi restoran D’Cost Bogor,
disimpulkan restoran D'cost memiliki tiga bauran promosi yakni promosi melalui
iklan, promosi penjualan dan promosi mulut ke mulut. Dari segi iklan, tingkat
efektivitas iklan dilihat dari dimensi empati, persuasi, dampak dan komunikasi
menunjukkan bahwa promosi iklan Restoran D’Cost Bogor, masuk dalam
kategori promosi yang cukup efektif, dengan nilai EPIC Rate sebesar 3,27. Serta
melalui pengukuran mengunakan DRM termasuk dalam kategori promosi baik
dengan total skor direct 68,16. Dari segi promosi penjualan D’Cost seafood
dinilai sudah efektif, dengan nilai EPIC Rate 3,51. Perhitungan mengunakan
DRM promosi pelnjualan masuk kedalam kategori promosi yang baik dengan
total skor direct rating 70,88. Mengenai promosi D’Cost melalui mulut ke mulut
memiliki EPIC sebesar 3.81, yang berarti efek promosi melalui mulut ke mulut
mengenai D’Cost sudah efektif. Perhitungan melalui DRM juga menunjukan
promosi mulut ke mulut masuk kedalam kategori baik dengan direct rating 73,92.
Secara keseluruhan promosi baik mengunakan iklan, promosi penjualan, dan
mulut ke mulut mengenai restoran D’Cost sudah baik dalam kategori perhatian,
pemahaman, kognitif. Namun hanya cukup efektif dalam mempengaruhi respon
afektif konsumen.
Collections
- UT - Management [3624]
