Strategi pemasaran buah segar pada UD JS Putra Bekasi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor-faktor internal
meliputi kekuatan dan kelemahan, serta lingkungan eksternal meliputi peluang
dan ancaman yang dihadapi UD JS Putra dalam pemasaran buah segar, (2)
Menentukan alternatif strategi pemasaran UD JS Putra dan (3) Memilih strategi
pemasaran yang tepat bagi UD JS Putra untuk menjalankan usahanya.
Penelitian ini menggunakan metode pengolahan dan analisis data melalui
analisis lingkungan internal dan eksternal perusahaan menggunakan matriks IFE
dan EFE kemudian dilanjutkan dengan matriks IE dan SWOT untuk mengetahui
posisi perusahaan dalam menghadapi persaingan, serta QSPM untuk pengambilan
keputusan alternatif strategi yang direkomendasikan kepada perusahaan.
Total nilai skor dari faktor-faktor internal pada matriks IFE UD JS Putra
adalah 2,54 posisi internal perusahaan berada pada nilai rata-rata. Faktor internal
yang menjadi kekuatan utama UD JS putra adalah memiliki pelayanan yang baik
dan ramah, sedangkan kelemahan utama UD JS Putra adalah perusahaan masih
melakukan kegiatan penjualan secara tradisional.
Faktor eksternal yang menjadi peluang utama bagi UD JS Putra adalah
Pasar Induk Cibitung merupakan sentral pusat usaha berbasis pasar tradisional terbesar di Bekasi, sedangkan ancaman utama bagi UD JS Putra adalah
munculnya kebijakan pemerintah yang akan menambah beban pengeluaran
tambahan. Total nilai skor terbobot pada matriks EFE UD JS Putra sebesar 2,38.
Berdasarkan analisis matrik IE , posisi UD JS Putra berada pada sel V
yang berarti pada posisi pertahankan dan pelihara (hold and maintain). Strategi
yang cocok untuk diterapkan adalah strategi penetrasi pasar (market penetration
strategy), strategi pengembangan produk (product development strategy) dan
konsolidasi internal (penguatan ke dalam).
Strategi pemasaran yang tepat untuk UD JS Putra berdasarkan hasil
analisis QSPM, maka prioritas strategi utama yang diterapkan oleh UD JS Putra
adalah strategi konsolidasi internal (penguatan ke dalam). Strategi konsolidasi
internal dapat dilakukan dengan meningkatkan kualitas sumberdaya manusia yaitu
dengan memberikan informasi usaha kepada karyawan, pemberian insentif,
perbaikan sarana dan prasarana dan meningkatkan hubungan baik dengan
pelanggan dan supplier yang dilakukan secara periodik dan terus-menerus.
Collections
- UT - Management [3458]