Analisis Efektivitas Officer Development Program (ODP) Berbasis kompetensi terhadap peningkatan kinerja Karyawan Bank Negara Indonesia ( Studi kasus : PT. Bank Negara Indonesia BNI 46 (Persero) Tbk Kantor Cabang Bogor, SKC Serang, dan SKC Tangerang)
Abstract
Perusahaan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnisnya diperlukan
beberapa aspek untuk mendukung dan menunjang keberhasilan bisnisnya. Salah
satunya dengan program Management Trainee yang merupakan program
percepatan (fast track) untuk mendapatkan calon pemimpin atau manajer pada
perusahaan. Salah satu program Management Trainee yang sering digunakan
yaitu Ofiicer Development Program (ODP) yang dilakukan oleh PT. Bank Negara
Indonesia BNI 46 (Persero) Tbk. Program ODP BNI sudah lama dilakukan dan
terus dipertahankan oleh BNI dalam merekrut karyawan baru yang akan menjadi
calon manajer atau pemimpin di BNI. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian
melihat sejauh mana program ODP yang dilakukan oleh BNI telah berhasil
dilakukan dan mengkaji keefektivan dari program ODP pada BNI.
Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi program dan pelaksanaan
program ODP di BNI, mengidentifikasi dan menganalisis efektivitas program
ODP pada BNI serta kompetensi dari karyawan yang telah mengikuti program
ODP, mengidentifikasi dan menganalisis peningkatan kinerja dari karyawan saat
program ODP dan setelah program ODP, dan memberikan rekomendasi alternatif
untuk peningkatan keefektivan program ODP.Sumber data untuk penelitian ini
terdiri dari data primer berupa kuesioner dan wawancara terhadap 33 responden
dengan metode sensus yang dilakukan di BNI KC Bogor, BNI SKC Serang, dan
BNI SKC Tangerang dari bulan Mei 2012 – Juli 2012, sedangkan data sekunder
diperoleh dari literatur, internet, jurnal, dan buku. Alat analisis yang digunakan
yaitu dengan uji dua sampel berpasangan wilcoxon dan analisis Deskriptif dengan
mean (rata-rata) menggunakan Microsoft Excel 2007dan software SPSS 16.0 for
Windows. Pada uji validitas, secara keseluruhan data terbukti valid, hanya satu
atribut yang tidak valid yaitu atribut ketiga pada subvariabel kerjasama dengan
nilai r hitung sebesar 0,295 kurang dari r tabel sebesar 0,361. Untuk uji
reliabilitas, semua data nilai Cronbach’s Alpha lebih besar dari 0,6, maka dapat
disimpulkan pada setiap variabel penelitian yang ada sudah reliabel.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan terjadi
peningkatan atau pengaruh yang signifikan terhadap responden atau karyawan
BNI yang telah mengikuti program ODP BNI baik itu dalam pencapaian target
kerja, keterampilan, fleksibilitas, keahlian teknikal, pengetahuan tentang
pekerjaan, kualitas atau mutu pekerjaan, tanggung jawab, dan kerjasama dengan
nilai Asyg. Sig (2-tailed) kurang dari α = 10%. Berdasarkan persepsi responden
terhadap program ODP, mendapatkan hasil penelitian “Setuju” terhadap program
ODP yang dilaksanakan oleh BNI yang berada pada rentang nilai jawaban
“Setuju” antara 3,5 – 4,2, namun terdapat jawaban “Netral” pada bagian materi
mengenai produk treasury BNI dengan skor rataan sebesar 3,18 yang berada pada
rentang nilai 2,7 – 3,4. Terjadi peningkatan pada skor rataan tiap atribut baik dari
variabel kompetensi dan kinerja dari saat program ODP dan setelah program ODP
sehingga program ODP sudah efektif dilakukan oleh BNI.
Collections
- UT - Management [3624]
