Show simple item record

dc.contributor.advisorHubeis, Musa
dc.contributor.authorSafitri, Mira
dc.date.accessioned2023-10-31T00:39:14Z
dc.date.available2023-10-31T00:39:14Z
dc.date.issued2012
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129294
dc.description.abstractTantangan dan persaingan dalam dunia perbankan Indonesia menuntut setiap bank bukan hanya bergerak dan berkembang untuk bidang perekonomian, tetapi telah meluas, yaitu berbagai aspek harus disentuhnya agar memberikan nilai lebih bagi bank tersebut. Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci utama perkembangan suatu perusahaan, memilih dan membentuk SDM yang berkualitas mutlak dilakukan oleh sebuah perusahaan. Kinerja perbankan tidak lepas dari layanan yang diberikanFrontliner sebagai garda depan pelayanan yang dituntut untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi nasabahnya. Banyaknya tuntutan pekerjaan berpengaruh terhadap Stres kerja karyawan, yang nantinya berdampak terhadap kinerja karyawan, makamanagemen stres harus dikelola dengan baik dan harus menjadi poin penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi faktor-faktor stres kerja, (2) Menganalsis hubungan Stres Kerja dan Kinerja Karyawan, serta (3) Mencari alternatif pemecahan masalah stres kerja agar tidak berdampak negatif terhadap kinerja karyawan. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumberdari data primer dari hasil pengisian kuesioner yang diambil dari responden, yaitu seluruh frontliner PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bogor dan wawancara langsung beberapa karyawan, serta data sekunder yangdiperoleh dari studi literatur yang relevan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis persepsi danUji Khi Kuadratdengan pola perhitungan Crosstab denganMicrosoft Excel dan SPSS 15.0 for windows. Berdasarkan hasil analisis persepsi stres kerja dengan kinerja karyawan dapat disimpulkan bahwa tingkat stress kerja tergolong tinggi dengan tingkat kinerja tinggi. Hasil penelitian lainnya menunjukkan faktor-faktor penyebab stres kerja (stressor) karyawan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bogor terdiri dari tuntutan tugas, tuntutan peran, tuntutan hubungan antarpribadi, struktur oganisasi, kepemimpinan organisasi dan tahap hidup organisasi. Dari hasil pengujian menggunakan uji Khi kuadrat, keseluruhan faktor stres kerja tersebut memiliki tingkat hubungan yang berbeda dengan kinerja karyawan. Dari keenam faktor tersebut, dua diantaranya memiliki hubungan nyata dengan kinerja karyawan, yaitu Tuntutan Peran dan Tuntutan Hidup Organisasi. Selebihnya untuk faktor tuntutan tugas,tuntutan hubungan antarpribadi, struktur oganisasi dan kepemimpinan organisasi tidak memiliki hubungan nyata terhadap kinerja karyawan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bogor.id
dc.language.isoidid
dc.publisherIPB Universityid
dc.subject.ddcEconomics and Development Studies - Managementid
dc.titleAnalisis stres kerja dan kinerja karyawan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Cabang Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordStresid
dc.subject.keywordAKhi Kuadratid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record