View Item 
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      •   IPB Repository
      • Dissertations and Theses
      • Undergraduate Theses
      • UT - Faculty of Economics and Management
      • UT - Management
      • View Item
      JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

      Analisis Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Modal Sosial Terhadap Kinerja Karyawan PT. BANK XYZ Tbk

      Thumbnail
      View/Open
      Fulltext (1.860Mb)
      Date
      2012
      Author
      Widiyanti, Shandra
      Sukmawati, Anggraini
      Metadata
      Show full item record
      Abstract
      Studi ini mengkaji pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Modal Sosial terhadap Kinerja karyawan PT. Bank XYZ Tbk. Cluster Bogor. Dari penelitian dihasilkan, bahwa Gaya Kepemimpinan dan Modal Sosial terbukti secara siginifikan mempengaruhi Kinerja karyawan. Gaya kepemimpinan transformasional mencatat nilai kontribusi tertinggi dalam memberikan pengaruh terhadap kinerja karyawan, diikuti kemudian dengan gaya kepemimpinan primal, kharismatik, dan otokratik. Artinya, gaya kepemimpinan transformasional merupakan gaya kepemimpinan yang dinilai paling sesuai dan tepat untuk diterapkan, dibanding gaya kepemimpinan lainnya yang amat ditentukan oleh unsur individual pemimpin. Di sisi lain, dari penelitian ini dihasilkan pula, bahwa aspek norma (norms) dalam variabel Modal Sosial memberikan nilai kontribusi tertinggi dalam mempengaruhi Kinerja karyawan, baru kemudian disusul dengan aspek kepercayaan (trust), dan jaringan kerja (networking). Karyawan lebih mengutamakan penerapan norma di tempat bekerja, berupa peraturan mengenai kejelasan dan kepastian kedudukan, peran, dan tugas mereka; kejelasan dan kepastian penerapan peraturan mengenai pendapatan (income), termasuk insentif, bonus, honor, kelebihan jam kerja (lembur), dan lainnya; kejelasan dan kepastian penerapan peraturan mengenai sistem karier dan sistem penghargaan (rewards) terhadap prestasi kerja, dan sebagainya; baru kemudian disusul dengan aspek kepercayaan dan jaringan kerja (networking). Terutama aspek jaringan kerja, menurut karyawan tidak hanya terkait dengan hal yang bersifat rasional dalam mengatur kedudukan, peran, dan tugas karyawan, tetapi juga hal yang bersifat emosional, seperti: memberikan rasa aman dan nyaman dalam bekerja, pembinaan dan pengembangan iklim kerja kebersamaan, kekeluargaan, empathy, dan sebagainya. Hasil penelitian ini jelas perlu diperhatikan dan amat berguna bagi perusahaan yang bersangkutan dalam mengelola organisasi usaha selanjutnya, terutama guna meningkatkan kinerja karyawan dan mencapai tujuan dan hasil yang lebih baik.
      URI
      http://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/129291
      Collections
      • UT - Management [3624]

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository
        

       

      Browse

      All of IPB RepositoryCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

      My Account

      Login

      Application

      google store

      Copyright © 2020 Library of IPB University
      All rights reserved
      Contact Us | Send Feedback
      Indonesia DSpace Group 
      IPB University Scientific Repository
      UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
      Universitas Jember Digital Repository