Show simple item record

dc.contributor.authorYani, Irna Dewi
dc.date.accessioned2010-05-05T12:44:43Z
dc.date.available2010-05-05T12:44:43Z
dc.date.issued2009
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/12918
dc.description.abstractPT. Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation sebagai retailer dan distributor kendaraan Daihatsu yang terdepan harus melakukan peramalan masa yang akan datang untuk mengetahui berapa besar total penjualan Daihatsu. Peramalan merupakan alat bantu yang penting dalam membuat perencanaan karena perencanaan yang baik harus didasarkan atas suatu ramalan yang baik pula. Tujuan dari suatu peramalan adalah memberikan informasi dasar yang diperlukan untuk perencanaan. Penelitian ini bertujuan (1) Mengidentifikasi pola penjualan Daihatsu PT. Astra International Tbk – Daihatsu cabang Bogor, (2) Menganalisis ramalan penjualan Daihatsu PT. Astra International Tbk – Daihatsu cabang Bogor untuk satu tahun ke depan (2009) dan (3) Mendapatkan perencanaan keuangan berdasarkan hasil peramalan penjualan sebagai acuan yang dapat digunakan pada PT. Astra International Tbk – Daihatsu cabang Bogor. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dari pengamatan di lapangan serta wawancara langsung dengan pihak manajemen sebagai narasumber. Sedangkan data sekunder diperoleh dari laporan internal perusahaan (data penjualan Daihatsu dari tahun 2004 hingga tahun 2008), baik itu berupa laporan bulanan dan tahunan manajemen perusahaan serta data pelengkap yang dikumpulkan dari literatur-literatur, studi pustaka, internet dan tulisan yang berkaitan dengan penjualan Daihatsu. Analisis data yang digunakan adalah analisis time series dengan metode Moving Average, Single Exponential Smoothing dan ARIMA menggunakan bantuan komputer yaitu Microsoft Excel dan software Minitab 15. Setelah memplotkan seluruh data penjualan secara grafis didapatkan bahwa pola penjualan Daihatsu dari bulan Februari 2004 sampai bulan Desember 2008 menunjukkan fluktuasi yang tidak beraturan, sehingga data tersebut tidak stasioner. Dari hasil peramalan didapatkan bahwa penjualan Xenia 1000cc dapat mencapai jumlah 257 unit pada tahun 2009. Peramalan untuk penjualan Xenia 1300cc dapat mencapai jumlah 149 unit pada tahun 2009. Peramalan untuk penjualan GranMax Pick Up 1300cc dapat mencapai jumlah 3 sampai 4 unit setiap bulannya (dengan selang peramalan sebesar - 2,91257 sampai dengan 9,91257). Peramalan untuk penjualan GranMax Minibus 1300cc dapat mencapai jumlah 4 unit setiap bulannya (dengan selang peramalan sebesar -4,46801 sampai dengan 12,4680). Peramalan untuk penjualan GranMax Pick Up 1500cc dapat mencapai jumlah 3 unit setiap bulannya (dengan selang peramalan sebesar -1,44528 sampai dengan 8,22726). Peramalan untuk penjualan GranMax Minibus 1500cc dapat mencapai jumlah 4 unit setiap bulannya (dengan selang peramalan sebesar -4,44909 sampai dengan 12,4491). Peramalan untuk penjualan Terios dapat mencapai jumlah 16 unit setiap bulannya (dengan selang peramalan sebesar 5,28712 sampai dengan 27,5882). Sedangkan hasil peramalan didapatkan bahwa tidak terjadi penjualan pada Sirion untuk setiap bulannya (dengan selang peramalan -3,40303 sampai dengan 4,07629). Daihatsu Bogor menargetkan penjualan Luxio rata-rata 18 unit tiap bulan dari bulan Maret sampai dengan Desember 2009. Untuk perencanaan laba-rugi PT. Astra International Tbk Daihatsu Cabang Bogor tahun 2009 diproyeksikan laba bersih sebesar Rp 7.475.487.394,12 dan perencanaan kebutuhan keuangan PT. Astra International Tbk – Daihatsu cabang Bogor tahun 2009 diproyeksikan total aktiva dan passiva masing-masing sebesar Rp 65.671.992.037,82.id
dc.publisherIPB (Bogor Agricultural University)
dc.titleAnalisis Peramalan Penjualan Daihatsu PT. Astra International Tbk – Daihatsu Cabang Bogor dalam Rangka Perencanaan Keuanganid


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record