Show simple item record

dc.contributor.advisorSarma, Ma'mun
dc.contributor.authorNadyati, Silvy
dc.date.accessioned2023-10-27T01:59:27Z
dc.date.available2023-10-27T01:59:27Z
dc.date.issued2007
dc.identifier.urihttp://repository.ipb.ac.id/handle/123456789/128837
dc.description.abstractPasar merupakan lembaga ekonomi yang relatif tua dan melewati proses jarah perkembangan yang cukup panjang. Tingkat perkembangan pasur terkait Erat dengan kondisi perekonomian masyarakat sekitarnya. Adanya beberapa imensi perbedaan pasar yang relatif lebih mengunggulkan posisi pasar modern menjadi preferensi konsumen atas kemudahan dan service yang ditawarkan pasar odern. Konsumen sekarang ini menginginkan adanya keefisienan dan Keefektifan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehingga konsep yang ditawarkan hypermarket "One stop shopping" sesuai dengan yang diinginkan konsumen. Penataan produk yang rapi, lokasi yang strategis dan terjangkau, ruangan yang bersih dan ber-AC memberikan kenyamanan dan memudahkan konsumen dalam mencari kebutuhannya. PT. HERO Supermarket Tbk meluncurkan Giant dengan konsep hypermarket berslogan "Giant Tempat Belanja Termurah" menyebabkan respon sangat positif dari masyarakat. Giant Hypermarket menciptakan berbagai insentif dan daya tarik yang terus ditingkatkan sehingga menarik pengunjung yang datang untuk berbelanja. Salah satu cara yang dilakukan pengecer untuk menarik pengunjung adalah melalui kegiatan promosi. Kegiatan promosi yang efektif dapat membantu dan mendukung pemasar dalam merumuskan strategi untuk menghadapi tingginya tingkat persaingan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bauran promosi yang dilakukan perusahaan dan menganalisis efektivitas bauran promosi dari dampak komunikasi dan persuasi terhadap konsumen Giant. Penelitian dilaksanakan di Giant Hypermarket Botani Square Bogor. Datu yang diperlukan terdiri dari duta primer dan data sekunder yang bersifat kualitatif. Data primer diperoleh langsung dari hasil observasi di lapangan, wawancara dengan pihak perusahaan dan pengisian kuesioner oleh konsumen. Data sekunder bersumber dari laporan tertulis/dokumen perusahaan serta data-data literatur yang relevan. Pengambilan sampel dilakukan secara convenience sampling terhadap 100 responden Schagai langkah awal data diuji validitas dan reliabilitasnya selanjutnya diolah secara statistik deskriptif menggunakan Microsoft Excell dan SPSS 12. Proses pengolahan data menggunakan alat analisis EPIC Model (Emphaty. Persuation, Impact and Communication). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Bauran promosi yang digunakan adalah dengan iklan inedia cetak seperti: koran dan penyebaran mailer (katalog): berbagai insentif jangka pendek (seasonal) seperti diskon, kupon potongan harga, voucher dan lain-lain; humas yang membangun corporate image perusahaan sesuai dengan slogan "Giant Tempat Belanja Termurah": penjualan personal dengan meneinpatkan berbagai aramada penjualan termasuk di dalamnya wiraniaga, kasir, front desit (deposit counter) dan customer service. (2) Dari hasil malisis EPIC Model (Emphaty, Persuation, Impact and Communication) enunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh Giant Hypermarket Botani Square efektif dari segi dimensi empati, persuasi dan komunikasi. Hal ini ditunjukkan oleh nilai X yang dihasilkan berada dalam rentang skala efektif. Sementara dari segi dampak, promosi yang dilakukan dalam rentang skala cukup. efektif. Nilai EPIC Rate yang dihasilkan menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan adalah efektif. Promosi yang dilakukan terrnyata efektif untuk menarik konsumen datang. berbelanja. Selain untuk menarik konsumen, promosi disarankan untuk mempertahankan konsumen. Oleh karena itu, Giant perlu mensurvey kepuasan. Konsumen. Hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen dan Eemacu peningkatan kualitas pelayanan. Selain itu bentuk promosi lain yang disarankan adalah kartu diskon. Kartu diskon ini bertujuan memberikan manfaat. potongan harga bagi konsumen sedangkan manfaat bagi Giant yaitu menarik konsumen datang berbelanja kembali dan melihat pola perilaku konsumen. Bentuk promosi selanjutnya yang disarankan adalah adanya program pemberian reward ataupun CRM (customer relationship management) kepada konsumen. Program reward menjadikan konsumen merasa dihargai sedangkan program CRM (customer relationship management) menjadikan konsumen menjadi bagian dari perusahaan. Diharapkan dengan adanya implikasi manajerial ini maka perusahaan mampu mencapai tujuan yang diinginkan baik dalam hal memperluas pangsa pasar yang ada maupun memperkecil kemungkinan konsumen untuk beralih kepada toko lain.id
dc.language.isoidid
dc.publisherBogor Agricultural University (IPB)id
dc.subject.ddcManagementid
dc.titleAnalsisi efektivitas bauran promosi pada Giant Hypermarket Botani Square Bogorid
dc.typeUndergraduate Thesisid
dc.subject.keywordRetailling Conceptid
dc.subject.keywordPromosiid
dc.subject.keywordPemasaranid


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record