Analisis Proses Pengambilan Keputusan Konsumen dan Faktor - Faktor Yang Dipentingkan Dalam Pembelian Produk Olahan IKan CV Sakana Indo Prima
Abstract
Salah satu usaha untuk meningkatkan nilai dan mengoptimalkan
pemanfaatan produksi hasil tangkapan laut maupun hasil budidaya adalah dengan
pengembangan produk bernilai tambah, baik olahan tradisional maupun modern
dalam bentuk diversifikasi olahan, perbaikan teknologi dan kemasan.
Pengembangan surimi dan fish jelly product merupakan suatu alternatif yang tepat
dalam optimasi pemanfaatan produksi ikan di Indonesia (Sub Direktorat
Pengembangan Produk, 2008).
Salah satu perusahaan perikanan yang bergerak pada bidang pengolahan
fish jelly product adalah CV Sakana Indo Prima. Tumbuh dan berkembangnya
usaha yang sejenis menjadi suatu tantangan tersendiri bagi CV Sakana Indo
Prima. Oleh sebab itu perusahaan dituntut untuk dapat merumuskan suatu strategi
usaha yang tepat agar dapat menghadapi persaingan usaha secara sehat dengan
cara memahami kebutuhan setiap konsumen. Salah satu cara yang dapat dilakukan
untuk memahami kebutuhan konsumen dalam membeli produk adalah dengan
mengetahui proses pengambilan keputusan dan faktor–faktor yang dipentingkan
dalam pembelian produk. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui
karakteristik konsumen yang membeli produk olahan ikan CV Sakana Indo Prima;
2) Mempelajari proses pengambilan keputusan konsumen dalam membeli produk
olahan ikan CV Sakana Indo Prima; dan 3) Menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi keputusan konsumen yang melakukan pembelian produk olahan
ikan CV Sakana Indo Prima.
Penelitian dilaksanakan di pabrik pengolahan serta di tempat pemasaran
produk CV. Sakana Indo Prima wilayah Jabodetabek. Jenis data yang digunakan
adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode non probability sampling, yaitu teknik Purposive Sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Pengumpulan data menggunakan
alat bantu berupa kuesioner.
Berdasarkan hasil penelitan, diketahui bahwa konsumen CV Sakana Indo
Prima memiliki karakteristik, sebagian besar adalah: konsumen berjenis kelamin
perempuan, konsumen berusia sekitar 25 sampai 35 tahun, konsumen berstatus
menikah, konsumen berpendidikan sarjana, konsumen memiliki pekerjaan sebagai
pegawai negeri sipil, konsumen memiliki pendapatan per bulan berkisar antara
Rp. 2.000.001-Rp. 3.000.000, dan konsumen memiliki pengeluaran per bulan
untuk konsumsi/makan berkisar antara Rp. 1.000.001-Rp, 2.000.000.
Pada proses pengambilan keputusan pembelian, diketahui lima tahapan,
yaitu: pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan
pembelian, dan pasca pembelian. Pada hasil analisis faktor, terbentuk lima faktor
yang mempengaruhi pembelian produk, yaitu: 1) Faktor Pengaruh Sosial dan
Lingkungan, 2) Faktor Kualitas Produk, 3) Faktor Bentuk Produk, 4) Faktor
Harga, dan 5) Faktor Pribadi.
Collections
- UT - Management [3359]