Analisis Intensi Pembelian Produk Pangan IPB: Pendekatan Theory of Planned Behavior
Abstract
Pengaruh sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku mahasiswa terhadap intensi pembelian produk IPB dianalisis dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan disain cross sectional study, melibatkan 400 mahasiswa sarjana dari seluruh fakultas di IPB menggunakan metode cluster random sampling. Intensi pembelian diukur dengan menggunakan instrumen Theory of Planned Behavior (TPB) yang dimodifikasi dari penelitian sebelumnya. Hasil menunjukkan bahwa proporsi terbesar mahasiswa memiliki sikap (75,0%) dan intensi pembelian (72,0%) yang tergolong pada kategori sedang, namun proporsi terbesar mahasiswa pada norma subjektif (53,2%) dan kontrol perilaku (60,5%) masih tergolong rendah. Uji beda
independent sample t-test menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara intensi pembelian mahasiswa laki-laki dan perempuan (p=0,024), sedangkan uji beda ANOVA menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kontrol perilaku mahasiswa semester empat dan delapan (p=0,050). Hasil regresi menunjukkan bahwa intensi pembelian mahasiswa terhadap produk IPB dipengaruhi oleh uang saku total mahasiswa, sikap, norma subjektif, dan kontrol perilaku.